BKPM: Usai Gempa Mentawai, Investasi Tetap Berjalan Normal

Gedung BKPM.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menegaskan bahwa gempa yang melanda kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, tidak akan menganggu minat investasi di dalam negeri. Deputi Pengawasan dan Pengendalian Investasi BKPM, Azhar Lubis mengungkapkan, tidak ada sama sekali kegiatan investasi di lokasi tersebut, maupun wilayah sekitar Sumatera Barat yang terganjal pasca adanya gempa tersebut.

Enam Gempa Susulan Guncang Kepulauan Mentawai
"Tidak dong. gempa, tsunami, apapun itu tidak setiap hari. Tidak ada yang terganggu investasinya, tetap jalan terus," ujar Azhar saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Kamis, 3 Maret 2016.
 
1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
Azhar menjabarkan, meskipun ada beberapa proyek investasi yang rentan akan goncangan seperti pembangkit tenaga listrik, namun hal tersebut sudah diantisipasi dengan baik pasca gempa tersebut. Bahkan, hampir semua proyek itu masih tetap berjalan seperti biasanya. 
 
147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa
"Ada kepala sawit, pengolahan, pengembangan semen padang, pengolahan CPO (minyak kelapa sawit) tetap jalan ada gempa. Kalau pembangkit, sementara dimatikan bisa," katanya.
 
Azhar pun menampik anggapan bahwa ada beberapa investor yang mengurungkan niatnya untuk menanamkan modalnya di wilayah Sumatera Barat, karena adanya risiko bencana alam yang lebih. Menurutnya, hal itu tidak benar adanya.
 
"Tidak dong. besok kami malah mau jalan-jalan ke sana," tegasnya.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya