Pertamina Kaji Sinergi Pengelolaan Gas dengan PGN

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto (kanan) memberikan keterangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Pertamina tengah mengkaji sinegi pengelolaan gas bumi dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Kajian ini ditargetkan rampung bulan ini.

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan, kedua perusahaan ini sedang melakukan studi tentang konsolidasi kinerja ini. Mereka melihat seberapa besar potensi manfaat yang bisa didapatkan apabila sinergi dilakukan.
 
Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
"Ini yang kami tuangkan dalam bentuk angka-angka. Kami harapkan bulan ini selesai," kata Dwi di Bekasi, Jawa Barat, Kamis 3 Maret 2016.
 
Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Sebelumnya, pemerintah meminta dua BUMN energi ini bersinergi dalam membangun infrastruktur gas. Pemerintah tak ingin ada tumpang tindah pembangunan infrastruktur ini.
 
"Kami juga ingin konsolidasi infrastruktur agar pembangunan infrastruktur lebih efisien dan menghindari tumpang tindah," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said.
 
Sudirman mengatakan bahwa dua perusahaan pelat merah ini membuat infrastruktur gas sendiri-sendiri. "Ini membuat market tidak efisien," kata dia.
 
Sudirman pun menginginkan dua BUMN ini mencontoh sinergi empat bank perusahaan pelat merah, yaitu menggunakan mesin jaringan ATM bersama-nya BUMN, yaitu Link. Apabila konsep sinergi terwujud, dua badan usaha ini tak perlu membangun pipa masing-masing yang bisa menyebabkan adanya tumpang tindih wilayah kerja.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya