Indonesia Butuh Banyak Industri Kreatif

Triawan Munaf
Sumber :
  • Twitter @triawanmunaf
VIVA.co.id
KPPU Ungkap Penyebab Persaingan Usaha Tak Sehat
- Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia, Triawan Munaf, menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kompetisi inovasi "Black Innovation." Hal tersebut dianggap sebagai bagian dari pengembangan kreativitas inovasi anak muda Indonesia.
Pujian Ayah Sherina Munaf untuk Agnes Monica

Triawan mengungkapkan, hal ini merupakan konsekuensi dari era digital yang saat ini semakin terbuka. Dulunya, kata dia, hal ini adalah market untuk industri kreatif yang terbatas dan bersifat birokratif sehingga sulit menembus market dalam dan luar negeri.
Harga Minyak Anjlok, Ini Inovasi dari Tambun Field Pertamina


"Di era digital ini, market dunia ada di depan mata kita, ada di tangan kita. Ruang-ruang di internet itu tidak mengenal batas," ujar Triawan kepada
VIVA.co.id
, Jumat, 4 Maret 2016.


"Dibutuhkan konten-konten yang semakin banyak, kreasi, dan inovasi baru, serta materi-materi dari pelosok daerah yang tadinya tidak tereksplorasi jadi sangat dibutuhkan untuk mengisi ruang-ruang kosong tersebut," Triawan  menambahkan.


Triawan mengemukakan, hal ini adalah tantangan di industri kreatif yang sangat menarik dan diperlukan inovasi yang terus menerus. "Saat ini kita hidup di era kompetisi. Sebab kompetisi ini membuat kita terasah hingga mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut," ujarnya.


Namun, Triawan menegaskan, pemerintah tidak bisa sepenuhnya menangani iklim kompetisi di industri kreatif. Dibutuhkan peran swasta dan lembaga lain yang mau terlibat bahkan menjadi inisiator.


"Minimal kehadiran kami,
endorsmen
dan keterlibatan kami akan terus ada selama kegiatan tersebut berhubungan dengan bidang-bidang kreatif," kata Triawan.


Sebelumnya, Black Innovation merupakan ruang berkreasi bagi para innovator agar bisa memunculkan berbagai idenya dalam sebuah wadah kompetisi. Dari inovasi tersebut akan menghasilkan barang modifikasi suatu produk atau barang sehingga lebih memiliki nilai bagi kehidupan. (ren)




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya