BNI dan Garuda Indonesia Terbitkan Kartu Debit

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Garuda Indonesia menerbitkan produk baru. Produk ini berupa Kartu Debit BNI Garuda Co Brand.

Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia

Kartu itu tidak hanya dapat digunakan sebagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM) melainkan juga telah ditanamkan fungsi electronic money (uang elektronik) yang diterbitkan khusus dari BNI, yaitu fungsi BNI TapCash.

Direktur Konsumer Banking BNI, Anggoro Eko Cahyo, mengungkapkan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand merupakan terobosan baru dibandingkan kartu sebelumnya pada tahun 2012 lalu.
Garuda Luncurkan Layanan Penerbangan Vintage Era 70-an

"Penerbitan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand merupakan kemajuan terbaru yang dapat diraih oleh kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sejak kerja sama pertama dilakukan pada tahun 1991, ketika BNI menjadi mitra Garuda 
Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai
Indonesia dalam pengembangan bisnis penerbangan nasionalnya," kata Anggoro dari keterangan tertulis, Senin 7 Maret 2016.

Anggoro menjelaskan, dalam kartu ini, BNI menggandeng Mastercard sebagai penyedia jasa jaringan kartu bertaraf internasional. BNI juga menggandeng VISA sebagai partner penyedia jaringan internasionalnya. 

Anggoro mengungkapkan, keuntungan pertama, Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand ini juga memiliki fungsi uang elektronik, sehingga dengan hanya memiliki satu kartu, nasabah BNI dan pelanggan Garuda Indonesia bisa menggunakan kartu tersebut untuk membayar tiket berbagai moda transportasi utama saat ini, antara lain kereta Commuter Line dan TransJakarta.

"Kartu BNI TapCash saat ini juga sudah dapat digunakan untuk transaksi di gerbang tol, yang hingga 23 Februari 2016 dapat melayani lebih dari 55 gerbang tol," ujarnya.

Kedua, bertransaksi dengan Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand akan memberikan manfaat berupa miles Garuda Indonesia.  Khusus Kartu Debit BNI Garuda Co-Brand, reward miles yang diberikan sangat ringan, yaitu setiap bertransaksi Rp50.000 mendapatkan satu GarudaMiles yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan pada tiket penerbangan Garuda Indonesia.

Menurutnya, kerja sama penerbitan kartu antara BNI dan Garuda membuahkan hasil yang memuaskan bagi kedua perusahaan. Sebagai gambaran pada kerja sama Kartu Kredit Co-Brand BNI-Garuda, untuk varian Signature Card, sales 
volume pada tahun 2015 tumbuh 62 persen dibanding tahun 2014, sementara untuk varian Platinum Card tumbuh 63 persen. 

"Pertumbuhan signifikan juga tergambarkan pada jumlah Kartu Kredit BNI-Garuda Co-Brand. Pada tahun 2014, jumlah Platinum Card masih mencapai 1.447 unit kartu, namun pada akhir tahun 2015 tumbuh sebesar 304 persen menjadi 3.281 kartu," tutur dia.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya