Orang Sukses Tidak Pernah Lakukan 9 Kesalahan Ini

Ilustrasi miliarder.
Sumber :
  • inmagine
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Mengelola keuangan secara efektif merupakan ketrampilan utama dalam mencapai kesuksesan. Orang-orang sukses selalu bisa mengelola uang secara efektif, karena sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. 

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Setidaknya ada semibilan kesalahan finansial yang tidak akan pernah dilakukan oleh orang sukses. Sediakan waktu luang untuk menguasai beberapa prinsip penting berikut ini, Anda akan merasakan hasilnya di masa depan.

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
1. Orang sukses mengeluarkan lebih sedikit

Uang dari yang dihasilkan, Mereka tidak berlebihan dalam membelanjakan uangnya. Beberapa orang terkaya di dunia memiliki prinsip, hidup dengan biaya lebih sedikit dari yang mereka hasilkan merupakan keterampilan pengelolaan keuangan yang utama. 

Ambil saja contoh Sir John Templeton, seorang investor legendaris yang menjadi milioner. Ia selalu menyimpan setengah dari penghasilannya bahkan ketika masih berpenghasilan terbatas. Jika 50 persen terlalu berat bagi Anda, kesuksesan finansial tetap bisa diraih dengan menyimpan 10-15 persen dari penghasilan.

2. Tidak terpaku pada harga, namun memahami pentingnya nilai

Uang yang Anda keluarkan adalah untuk investasi. Orang-orang sukses memperhitungkan semua pengeluarannya. Saat berinvestasi, mereka mempertimbangkan prospek pertumbuhan investasi tersebut di masa depan. 

Untuk itu, mereka selalu memilih produk kualitas tinggi yang tahan lama. Akan lebih efisien membeli barang dengan harga lebih mahal namun lebih awet daripada memberi barang murah namun harus diganti dalam waktu singkat.


3. Mereka tidak membuang uang untuk bunga bank

Orang-orang sukses tahu betul bagaimana cara mengelola keuangan mereka yang berhubungan dengan bank. Misalnya, dalam hal penggunaan kartu kredit. 

Berdasarkan sebuah penelitian, rata-rata rumah tangga selalu memiliki utang kartu kredit walau tidak banyak. Masalahnya kebanyakan orang punya kartu kredit hanya sebatas untuk gengsi. 

Orang-orang sukses tidak akan terjebak dalam masalah seperti ini. Mereka selalu cermat dengan biaya beban dari bank.

4. Selalu menyesuaikan kondisi keuangan setelah mengalami perubahan hidup

Saat keadaan hidup Anda berubah secara drastis, seperti menikah, penting untuk segera melakukan penyesuaian. Sementara banyak orang tidak mampu mengendalikan keuangan setelah perubahan besar, orang-orang sukses mampu melakukannya secara efektif. 

Luangkan waktu sejenak setidaknya sekali setahun untuk meninjau kehidupan dan rencana keuangan Anda. Cara ini dapat memudahkan Anda mengendalikan perubahan-perubahan penting tersebut.

5. Tidak puas dengan penghasilan tetap

Sebagian orang puas dengan penghasilannya saat ini atau sekedar menargetkan sedikit peningkatan saja. Sebaliknya, orang-orang sukses mencari cara untuk menghasilkan lebih banyak uang. 

Di mana mereka selalu melakukan tindakan nyata setiap hari agar penghasilan mereka meningkat. Sebagai contoh, mereka tidak segan mengikuti kursus untuk meningkatkan keterampilan mereka. Mereka memberi masukan gagasan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.


6. Tidak pernah mengabaikan kondisi keuangan

Anda harus membiasakan beberapa hal yang bersifat lambat dan rutin demi mencapai kesuksesan finansial. Termasuk menciptakan kebiasaan memonitor kondisi keuangan. Orang-orang sukses menyediakan waktu setiap bulan untuk me-review semua akun keuangan mereka seperti investasi, akun bank, kartu kredit, dan lainnya. 

Saat mereka mengetahui ada kesalahan atau kehilangan, mereka segera mengambil tindakan.

7. Tidak ceroboh dalam mengambil risiko saat berinvestasi

Setiap investasi memiliki risiko sampai tingkat tertentu. Risiko terburuk adalah kehilangan uang. Namun seperti kata Warren Buffet, “Aturan pertama, jangan pernah kehilangan uang,” ujarnya. 

Beginilah cara orang-orang sukses berpikir. Setidaknya mereka memiliki dua cara ampuh untuk menghindari kehilangan uang. Pertama, mereka memahami nilai asuransi untuk mengendalikan risiko. Kedua, mereka memahami betul pentingnya alokasi aset secara tepat.

8. Tidak berpura-pura tahu segalanya masalah 

Dunia ini sangat luas dan rumit, orang-orang sukses tahu dan paham betul kenyataan ini. Saat sudah berbicara tentang uang, selalu ada banyak informasi di luar sana. 

Karena itu, tidak heran bila orang-orang sukses seperti Warren Buffet memahami batas mereka dan fokus terhadap kekuatan yang dimiliki. Ketahui apa yang tidak Anda miliki. Fokuslah pada hal-hal yang benar-benar mampu Anda lakukan.


9. Selalu bertanya kepada ahlinya, tapi tetap dikerjakan sendiri

Orang-orang sukses tetap meminta saran kepada ahli, namun tidak pernah menyerahkan tanggung jawab kepada mereka. Kalaupun meminta saran, merekapun tetap tidak secara mentah menerima saran yang diberikan. Mereka tetap mengevaluasi orang-orang yang memberikan saran kepada mereka. 

Kesuksesan adalah salah satu aspek kesempurnaan hidup

Orang-orang sukses memahami bahwa kesuksesan finansial hanyalah satu aspek dari kesuksesan hidup. Masih banyak hal-hal lain yang tidak kalah penting dari uang.

Sebagai contoh, Mereka tidak akan mengabaikan kesehatan karena mengejar uang. Uang memang akan membantu Anda mencapai berbagai keinginan, tapi dia tidak akan bisa membeli semua aspek kehidupan Anda.


(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya