Enam Cara Bebas dari Utang

Ilustrasi utang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Salah satu penyebab orang berutang adalah karena tidak memiliki perencanaan keuangan. Akhirnya, jumlah penghasilan selalu lebih kecil dibanding yang dikeluarkan untuk belanja. Namun, sebelum akhirnya menyadari kesalahan, orang sudah telanjur terlilit utang. 

Siasati Uang Kuliah yang Mahal dengan Cara Ini
Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa terbebas dari kondisi tersebut? Ikuti enam langkah sederhana ini:
 
Orang-orang Sukses Ini Jual Hartanya untuk Mengejar Gairah
1. Lacak dan analisa pengeluaran
 
Kebocoran Uang yang Sering Tak Disadari Pemilik Rumah
Jika Anda tidak tahu ke mana larinya uang gaji yang diterima setiap bulannya, percayalah akan sulit mencari jalan keluar untuk masalah Anda. Mulai lacak pengeluaran dan lakukan analisa. 
 
Simpan semua nota pembelian baik tunai, debit ataupun melalui kartu kredit. Jika tidak ada nota, catat pengeluaran tersebut sampai yang paling kecil sekalipun. Gunakan waktu luang dan panjang di akhir pekan untuk meninjau pola pengeluaranmu selama sebulan.
 
2. Kali ini, simpan dulu kartu kredit Anda
 
Sebuah riset ilmiah, seperti dikutip dari CBN, menunjukkan bahwa orang yang gila belanja, menghabiskan total biaya 33 persen - 34 persen saat menggunakan kartu kredit dibandingkan dengan pembelian menggunakan uang tunai.
 
 
3. Hilangkan utang dengan bunga paling tinggi
 
Untuk melunasi seluruh utang, tentu dana yang Anda punya saat ini belum cukup. Untuk itu, buat prioritas saat ingin melunasi utang. Seperti anjuran para perencana keuangan, sebaiknya prioritaskan untuk melunasi utang dengan bunga paling tinggi seperti kartu kredit.
 
4. Lakukan transfer balance
 
Transafer balance sebenarnya merupakan strategi marketing yang diterapkan sebuah bank untuk memperoleh nasabah. Secara definisi, transfer balance adalah program khusus dari sebuah bank yang memungkinkan pemegang kartu Kredit bank A memindahkan tagihan kartu kredit dari bank A kepada bank B. 
 
Pemindahan tagihan tersebut dilakukan setelah sebelumnya bank B melunasi seluruh tagihan pemegang kartu kredit bank A. Jika ingin menggunakan fasilitas ini, akan dikenakan bunga tertentu yang ditetapkan bank untuk memindahkan utang. Menariknya, ada beberapa bank yang menawarkan bunga nol persen dengan cicilan khusus dalam jangka waktu tertentu.
 
5. Tabung meski hanya sedikit
 
Jika Anda orang yang sulit untuk menabung, kenapa tidak membuat semuanya otomatis. Gunakan layanan autodebet untuk mengalokasikan sejumlah uang dan mengirimnya setiap bulan ke rekening terpisah. 
 
Jika Anda tidak yakin apakah jumlahnya terlalu besar atau tidak, mulailah dengan jumlah yang dianggap kecil dan tidak signifikan. Perbesar terus jumlahnya sedikit demi sedikit hingga Anda pikir keuangan mulai terbebani.
 
 
6. Jangan tambah dengan utang lain yang tidak penting
 
Kondisi keuangan Anda saat ini sudah kritis. Sebaiknya hindari menambah utang baru. Terlebih jika utang tersebut tidak produktif. Sebab, utang konsumsi baru hanya akan menambah beban yang akan membuat Anda terjerat lebih dalam lagi. (ase)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya