PGN Target Tambah 110 Ribu Pelanggan Hingga 2019

Petugas PGN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menargetkan tambahan 110 ribu sambungan gas bumi untuk rumah tangga hingga 2019. Perusahaan pelat merah ini pun membangun infrastruktur gas bumi tanpa menggunakan anggaran pendapatan belanja negara.

"Semuanya dibangun dengan dana sendiri," kata Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso di Jakarta, dikutip dalam keterangannya, Rabu 16 Maret 2016.

Dengan tambahan ini, jumlah pelanggan gas rumah tangga PGN akan bertambah hingga 217 ribu pelanggan. Saat ini, jumlah pelanggan gas rumah tangga PGN sebesar 107 ribu pelanggan.

"Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menyebarluaskan manfaat energi, baik gas bumi yang efisien, bersih dan ramah lingkungan," kata dia.

Sekadar informasi, PGN menyalurkan gas bumi ke industri besar dan pembangkit listrik yang jumlahnya mencapai 1.529 pelanggan. PGN juga menyalurkan gas bumi ke usaha kecil menengah dan komersial, seperti hotel dan rumah sakit, yang jumlahnya lebih dari 1.850 pelanggan.

Selain menambah jaringan rumah tangga, badan usaha milik negara ini juga akan menambah panjang pipa gas bumi sepanjang lebih dari 1.680 kilometer (km) mulai 2016-2019. Saat ini, panjang pipa PGN lebih dari 6.980 km. Jumlah ini setara dengan 76 persen pipa gas bumi hilir di Indonesia.

"Selain membangun pipa gas, PGN juga akan mengembangkan mini LNG system untuk Indonesia bagian tengah dan timur, serta memperbanyak jumlah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) untuk transportasi darat. Tahun ini sampai 2019 kami akan membangun SPBG sebanyak 60 unit," kata dia.

Hendi menjelaskan, dengan penambahan berbagai infrastruktur tersebut, mulai dari panjang pipa gas, pengembangan mini LNG system, penambahan jumlah pelanggan rumah tangga hingga SPBG akan meningkatkan kemampuan pemanfaatan gas bumi nasional sebanyak 1.902 juta kaki kubik per hari.

"Dengan volume tersebut, akan menciptakan penghematan bagi pelanggan PGN sebesar Rp110,9 triliun. Tahun 2015 lalu dari penyaluran gas bumi PGN kepada pelanggan, menciptakan penghematan bagi nasional sebesar Rp88,03 triliun per tahun," jelas Hendi. (asp)

Permintaan Gas Loyo, PGN Turunkan Target Penjualan
Ilustrasi petugas PGN melakukan pengecekan instalasi pipa gas

PGN Fokus Tingkatkan 'Value' Perusahaan

Pembentukan holding migas menunggu peraturan pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016