Rizal Ramli: Wisata Indonesia Tak Hanya Bali

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menegaskan, potensi pariwisata di Indonesia tidak hanya di Bali.

Dukung Rizal Ramli Maju Pilkada, Buruh Mulai Keliling Pabrik

Dia mengatakan, pemerintah tengah mengupayakan bagaimana terwujudnya pemerataan destinasi wisata di Indonesia. 

"Karena Indonesia punya banyak beautiful destination. Sayangnya, dulu hanya Bali yang tumbuh. Bali justru lebih terkenal daripada Indonesia, wisata Indonesia tak hanya Bali," kata Rizal, di Jakarta, Rabu, 16 Maret 2016. 
Geng Satu Darah Asal Belanda Bikin Onar di Kuta
 
Untuk itu, kata Rizal, ketika menjadi menteri, dia telah menelusuri penyebab ketimpangan pengembangan sektor pariwisata di Indonesia itu. 
BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
 
Menurutnya, hal itu disebabkan penyebaran anggaran ke berbagai daerah terlalu banyak, sehingga tidak terpusat di lokasi tertentu yang betul-betul potensial.
 
"Sekarang kami ubah, kami hanya konsentrasi di 10 lokasi baru. Karena, kami mau meningkatkan jumlah wisatawan dari 10 juta menjadi 20 juta wisatawan. Karena, turisme itu sebetulnya paling mudah dan paling murah," jelas Rizal.
 
Menurut Rizal, Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata nan cantik. Saat ini, Indonesia hanya membutuhkan strategi bagaimana mengembangkan lokasi-lokasi baru yang belum terjamah itu.
 
"Yang kita butuhkan hanya strategi. Kami lakukan lagi, misalnya kami bebaskan visa. Kecuali untuk negara yang aktif di drugs, narkotika, dan ekstrem ideologi. Karena, Indonesia adalah moslem countries, kita enggak mau orang mengekspor ideologi ekstrem ke Indonesia," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya