BUMN Bikin Perusahaan Semen Indonesia Aceh Senilai Rp5 T

Direktur Utama Semen Indonesia Suparni
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id - Badan usaha milik negara (BUMN) PT Semen Indonesia Tbk bersama PT Samana Citra Agung telah sepakat membentuk perusahaan patungan atau join venture company dengan nama PT Semen Indonesia Aceh dengan nilai investasi senilai Rp5 triliun.

Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni mengungkapkan, perluasan kapasitas produksi ini dilakukan dengan membangun pabrik semen di Pidie, Aceh.

"Proyeksi pertumbuhan permintaan semen di area pemasaran pabrik ini mencapai 6,5 persen," ucap Suparni dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2016.

Suparni mengaku, pembangunan pabrik bersama perusahaan lokal di Aceh ini untuk menjaga kesinambungan produksi, mengimbangi pertumbuhan bisnis dan sejalan dengan rencana jangka panjang perseroan.

"Pembangunan pabrik semen ini untuk memenuhi permintaan semen di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau. Dia menilai, daerah pantai timur Sumatera berpotensi pertumbuhan konsumsi semen yang tinggi," tuturnya.

Suparni mengungkapkan, selama ini pasokan semen untuk Sumatera mengandalkan hasil produksi PT Semen Padang. "Jarak Aceh ke Padang itu mencapai 10.500 kilometer, sehingga pabrik Aceh tidak akan mengeliminasi pemasaran Semen Padang yang juga ekspor ke Asia Selatan," katanya.

Pabrik Semen Indonesia Aceh akan dibangun di atas lahan seluas 1.500 hektare. Pembangunan akan dimulai pada 2016 dan beroperasi pada tahun 2020.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN
Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021