IMF: Reformasi Subsidi Energi RI Bisa Jadi Percontohan

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Dana  Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menilai, kesuksesan pemerintah Indonesia dalam melakukan reformasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) merupakan prestasi mengesankan yang dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain.

Stok Minyak Dunia Melimpah, Harga Terus Jatuh
Menurut Kepala Misi IMF untuk Indonesia Luis E. Breuer, beberapa faktor yang menunjang keberhasilan penerapan reformasi tersebut yaitu langkah-langkah tepat sasaran terkait perlindungan sosial, strategi komunikasi yang baik, timing yang tepat, termasuk juga kepemimpinan yang berani.
 
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
“Reformasi yang menonjol dalam subsidi energi itu memang sebuah prestasi mengesankan. Beberapa faktor yang memberikan hasil positif ini, termasuk langkah-langkah tepat sasaran perlindungan sosial, strategi komunikasi yang baik, timing yang tepat, dan kepemimpinan politik yang berani," kata Breuer, dikutip pada laman Kementerian Keuangan, Jumat, 18 Maret 2016.
 
Harga Minyak Kembali Anjlok
Menurutnya, unsur-unsur tersebut sangat relevan dan dapat berguna untuk negara-negara lain.
 
Dia menambahkan, strategi komunikasi pemerintah dengan jelas telah menekankan perlunya pengalihan dari pengeluaran belanja untuk subsidi ke arah investasi infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prospek pertumbuhan. 
 
“Secara bersamaan, reformasi diterapkan pada saat harga minyak sedang turun, yang mengurangi kebutuhan untuk menaikkan harga eceran bahan bakar,” katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya