Luhut Setuju Kilang Blok Masela Dibangun di Darat

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pemerintah belum memutuskan model pengembangan kilang gas alam cair Blok Masela. Apakah Blok tersebut dikelola di atas laut (offshore), atau di darat (onshore).

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan rencana pengembangan, atau plan of development (POD) blok migas yang berlokasi di Laut Arafura, Maluku tersebut lebih baik dengan sistem onshore.

"Blok Masela itu pas saya di KSP (Kantor Staf Presiden). Kami buat studi anak-anak muda dari Texas dan ITB (Institut Teknologi Bandung). Bagus mana offshore, atau onshore. Kesimpulannya lebih bagus onshore," kata Luhut di Aula Barat ITB, Jawa Barat, Jumat 18 Maret 2016.

Jika dikelola secara offshore, kata Luhut, ada satu hal yang dilupakan, yakni ombak di laut Arafuru Maluku yang bisa mencapai lima meter. Karena itu, dia cenderung setuju jika kilang blok Masela dibangun di darat.

"Kenapa onshore? Saya pikir kalau di onshore kita bisa bikin macam-macam untuk kegiatan ekonomi, pengalengan ikan apa segala macam," terang Luhut.

Kata Luhut, saat ini Presiden sudah memiliki keputusan, hanya saja belum disampaikan.

"Ini masalah. Tetapi, kalau mau diputusin, saya kira beliau sudah firm (teguh). Beliau sudah putusin kok. Hanya satu, beliau tak mau didikte orang," ungkap mantan kepala staf kepresidenan itu. (asp)

Proyek Blok Masela Diminta Dipercepat
Anjungan lepas pantai

2024, Blok Masela Siap Produksi?

Pemerintah bentuk tim khusus demi mempercepat produksi Blok Masela.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016