e-Money Empat Bank BUMN Ini Sudah Bisa Buat Bayar Tol

Para petinggi bank BUMN bersama Dirut Jasa Marga.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id

VIVA.co.id - PT Jasa Marga resmi meluncurkan e-Payment Toll melalui kerjasama dengan empat perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, dan Bank Tabungan Negara.

Mulai 30 Agustus, GT Senayan Hanya Layani e-Toll
 
Jika sebelumnya dalam transaksi pembayaran tol melalui elektronik hanya menggunakan e-Money Mandiri, kali ini keempat bank pelat merah tersebut menyediakan hal serupa, yakni BRI Brizzi, BNI Tapcash, dan BTN Blink.
Hati-hati Transaksi Tol, Ada Mobil Pribadi Bayar Tarif Truk
 
Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, mengungkapkan, sebagai tahap awal, e-Payment Toll ini dapat digunakan di beberapa ruas jalan tol seperti Ruas Tol JORR (Kebun Jeruk-TMII-Cilincing), Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren, Ruas Tol Jakarta-Tangerang, dan Ruas Tol Bogor Outering Ring Road (BORR).
Pengamat: Eksekusi Jalan Tol JORR Seksi S Janggal
 
"Nanti akan menyusul 14 ruas tol lainnya, yang akan diimplementasikan secara bertahap," ujar Adityawarman saat ditemui di kantor Jasa Marga Pintu Tol Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Senin 21 Maret 2016.
 
Adityawarman menjelaskan, sampai dengan bulan Desember 2015, penetrasi pembayaran elektronik di seluruh ruas jalan tol yang dioperasikan oleh Jasa Marga mencapai 15,6 persen. Sementara itu, saat ini sudah ada 399 unit gardu tol otomatis (GTO) yang beroperasi, atau 40 persen dari keseluruhan gardu tol operasi.
 
Jasa Marga pun menargetkan pada tahun ini, jumlah GTO bertambah menjadi 507 buah atau 50 persen dari keseluruhan gardu operasi. Sehingga nantinya mampu meningkatkan jumlah penetrasi pembayaran elektronik di seluruh ruas jalan tol 
 
"Kartu ini diharapkan bisa digunakan di seluruh ruas, tidak boleh parsial seperti dari Jagorawi, lalu pindah ke Cikampek. Minimal berada di semua ruas Jasa Marga," katanya.
 
Oleh karena itu, Adityawarman berharap dengan adanya sinergi ini masyarakat bisa menikmati layanan pembayaran tol elektronik yang lebih luas, dan terintegrasi secara menyeluruh. 
 
"Mulai besok, sudah bisa menggunakan sistem pembayaran kartu dari empat bank ini," tuturnya. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya