Dampak Bom Brussel, Bandara RI Tingkatkan Pengamanan

Pengamanan bandara Juanda pasca tragedi Paris
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - PT Angkasa Pura II menegaskan keamanan di seluruh kawasan bandara dan keselamatan bagi penumpang pesawat merupakan prioritas utama. Koordinasi dengan TNI dan Polri semakin  berjalan intensif dalam mengantisipasi setiap ancaman keamanan di bandara sebagai pintu gerbang internasional, merespons tragedi ledakan bom di Brussel, Belgia.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Kamis 24 Maret 2016, mengatakan, faktor keamanan dan keselamatan penumpang di bandara merupakan prioritas.

Terminal 3 Bandara Soetta Mulai Dipadati Ribuan Penumpang

Bahkan, sejak Desember 2015, status kemananan bandara telah ditingkatkan dari status hijau menjadi kuning, sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor 5 tahun 2015 tentang Peningkatan Kondisi Keamanan Penerbangan dari Kondisi Hijau Menjadi Kondisi Kuning pada Bandar Udara.

Perubahan status tersebut, saat itu dikeluarkan sebagai langkah antisipasi menyusul kondisi keamanan di berbagai negara di Eropa, setelah aksi teror di kota Paris, Prancis.

"Bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II sejak tahun 2015, telah meningkat status dari hijau menjadi kuning, yang berarti pengamanan telah diperketat," kata Budi.

Pihaknya juga memastikan bahwa peningkatan keamanan tidak hanya terpusat pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta, melainkan pada 13 bandara yang dikelola Angkasa Pura II.
 

Pada sisi lain, langkah pengamanan tersebut diharapkan tidak mengurangi tingkat kenyamanan penumpang. Karena itu, pihak Angkasa Pura II menyatakan apabila penumpang merasa kenyamanannya agak terganggu karena peningkatan keamanan, maka pihaknya meminta maaf.

Salah satu langkah pengamanan yang sempat dikeluhkan penumpang, yaitu penggunaan anjing pelacak, maka  pihak Angkasa Pura II memastikan bahwa penggunaan anjing pelacak bukan untuk mengendus barang penumpang, melainkan kendaraan pembawa barang atau mobil boks.

Reaksi Penumpang Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Frekuensi pengamanan ditingkatkan

Sebagai bentuk kewaspadaan, kata Budi, maka frekuensi patroli pengamanan ditingkatkan untuk menyisir area publik, area parkir, dan memeriksa kendaraan secara acak atau random.

"Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, selain aviation security juga bersiaga, terjadi penambahan personil polri dan  personil TNI untuk menjaga keamanan bandara yang merupakan salah satu obyek vital nasional. Di samping itu, dioperasikan juga sekitar 1.500 CCTV untuk melakukan pemantauan selama 24 jam," tuturnya. (asp)

Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Terminal 3, Usaha Perbaiki Citra Bandara Soekarno-Hatta

Terminal 3 tingkatkan kualitas Soekarno Hatta, meski belum sempurna.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016