Kadin Apresiasi Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Ketua Umum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, mengapresiasi langkah-langkah dan terobosan yang dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam upaya menggeliatkan kembali perekonomian nasional, di tengah masih adanya ketidakpastian global.

Saksi: La Nyalla Bayar Pembelian Saham dari Rekening Kadin

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, salah satu penopang perekonomian nasional dalam beberapa tahun terakhir, memang lebih banyak dikontribusikan dari sektor komoditi tambang.

Ketika sektor tersebut anjlok, tambahnya, penopang laju pertumbuhan dalam negeri pun hilang. Pergerakan ekonomi nasional pun semakin tergerus, setelah dalam beberapa tahun terakhir mampu tumbuh tinggi.

Sri Mulyani Sambut 20 Anggota Kadin yang Ikut Tax Amnesty

"Kita sudah menikmati pertumbuhan, sampai akhirnya booming komoditas itu hilang," ujar Rosan dalam acara pengukuhan dewan kepengurusan Kadin periode 2015-2020 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa 5 April 2016.

Berbagai terobosan tersebut, kata Rosan, tercermin dari 11 paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah. Bahkan, ia meyakini, tahun ini akan menjadi titik awal bergeliatnya kembali ekonomi dalam negeri.

Kadin Targetkan Ekspor RI Meningkat 500 Persen pada 2025

"Kami yakin, akhir 2015 bisa menjadi dasar ke depan untuk bisa jauh lebih baik lagi," ucapnya.

Rosan mengakui, dalam tiga bulan terakhir, sejak ia menjabat sebagai Ketua Umum Kadin, ada beberapa keluhan terkait investasi dalam negeri yang ditujukan olehnya. Namun, berbagai keluhan tersebut seakan terjawab oleh paket kebijakan pemerintah.

Salah satunya, lanjut dia, adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan investasi di dalam negeri dengan cara merevisi daftar negatif investasi (DNI).

"Seluruh paket mendapatkan respons positif dari dunia usaha, baik itu dari pengusaha dalam negeri maupun luar negeri," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya