Kadin: Indonesia Harus Punya Pelabuhan Internasional

Ketua Umum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – Pemerintah saat ini tengah mengembangkan 10 destinasi wisata baru yang akan tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Mulai dari Danau Toba, Tanjung Kelayang, sampai dengan Pulau Morotai yang berada di Maluku Utara.

Jokowi: 6 Masalah Destinasi Wisata Prioritas Harus Selesai pada 2020

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap, pemerintah bisa memfasilitasi pengembangan infrastruktur untuk menuju kawasan potensial tersebut. Salah satunya, adalah pembangunan dermaga pelabuhan.

"Ibaratnya itu Indonesia sudah seperti gadis cantik, tapi tidak ada jalan menuju ke sana, dan tidak ada penerangannya," kata Ketua Kadin Indonesia Rosan  P. Roeslani di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa 5 April 2016.

Turis di 10 Destinasi Wisata Bakal Dipungut Uang Sampah

Sebagai negara kemaritiman, Indonesia sampai saat ini belum memiliki dermaga bertaraf internasional, yang bisa menampung banyak kapal. Untuk memanfaatkan potensi dari 10 destinasi tersebut, maka diperlukan fasilitas penunjang seperti ini.

"Di negara seperti Singapura ada empat pelabuhan. Di Thailand juga sama. Kita perlu bangun dermaga ini," katanya.

Asian Games Jadi Momen Promosi Destinasi Wisata RI

Sampai saat ini, sektor pariwisata masih menjadi penyumbang devisa terbesar keempat di dalam negeri. Bahkan ia meyakini, jika sektor ini terus dikembangkan maka akan menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar.

"10-15 tahun ke depan (pariwisata) bisa menjadi penyumbang nomor satu atau dua terbesar di Indonesia," kata Rosan. (asp)

Panorama Danau Toba salah satu dari 10 Bali Baru Indonesia

Jokowi Tambah Anggaran ‎4 Destinasi Super Prioritas Rp6,4 Triliun

Semua dana itu harus bisa buat infrastruktur selesai tahun depan.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2019