Ini Alasan Tokopedia Dilirik 24 RIbu Pelamar per Bulan

Karyawan Tokopedia
Sumber :
  • Dokumentasi Tokopedia

VIVA.co.id – Jobplanet menyatakan Tokopedia saat ini menempati posisi perusahaan dengan budaya perusahaan terbaik, mengalahkan Total dan Nutrifood yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Sebelumnya, Tokopedia dinobatkan sebagai startup paling diminati para pencari kerja beberapa waktu yang lalu. 

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengungkapkan pandangannya mengenai cara meningkatkan kualitas manajemen karyawan di tengah iklim kompetisi dunia startup. 

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

“Sistem kerja di Tokopedia menekankan pada budaya kerja sebagai peta, value, atau DNA perusahaan sebagai kompas dan visi misi perusahaan sebagai tujuan. Walaupun tim berkembang dengan pesat (dari 80an orang pada 2014 ke 400an orang pada akhir 2015), anggota tim pada umumnya tetap bisa bekerja dengan independen,” jelas William, seperti dikutip pada keterangan tertulisnya, Rabu 13 April 2016.

“Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) pada umumnya adalah knowledge worker yang didorong untuk menemukan purpose mereka di perusahaan. Tokopedia percaya pengembangan kualitas SDM hanya bisa dilakukan dengan cara memberikan kepercayaan dan kesempatan,” jelasnya.

Lebaran Makin Dekat, Yuk Intip Rekomendasi Gamis Lebaran 2024

Secara garis besar, karyawan Tokopedia dilekatkan dengan tiga nilai, atau DNA, antara lain growth mindset, focus on consumer, make it happen & make it better

William menekankan, ketulusan untuk berbagi seperti seorang guru dan kerendahan hati untuk terus belajar seperti seorang murid kepada para karyawannya. Hal-hal inilah yang menjadi bahan review tahunan. 

“Setiap Nakama harus menceritakan dalam kurun waktu satu tahun terakhir dirinya sudah menjadi guru, atau mentor untuk siapa saja dan apa yang diajarkan, sekaligus menceritakan sudah belajar apa dan dari siapa,” jelas William. 

Kini, setiap bulannya Tokopedia bisa menarik minat 24 ribu pelamar, namun biasanya Tokopedia hanya mampu merekrut sekitar 20 karyawan baru. 

“Proses orientasi Nakama baru dilakukan selama dua minggu, lewat Nakama Academy yang menekankan pada budaya kerja dan apa visi misi dari Tokopedia. Kami di Tokopedia percaya kesuksesan hanya bisa diraih dengan cara membantu orang lain menjadi lebih sukses. Filosofi ini ditanamkan kepada setiap Nakama sejak awal, karena bagi Tokopedia tidak cukup hanya mampu secara skill, tetapi harus juga peduli pada misi perusahaan,” ujar William. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya