Tol Lampung-Terbanggi Besar Ditarget Beroperasi Lebaran 2016

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA.co.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya terus mendorong aksesibilitas tol trans Sumatera. Untuk tahap awal, ditargetkan jalan tol Lampung hingga Terbanggi Besar akan selesai dan beroperasi pada saat mudik Lebaran 2016.

"Nanti yang di Lampung - Terbanggi Besar, mudah-mudahan bisa dibuka untuk Lebaran," ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu malam, 13 April 2016.

Basuki mengatakan, dalam rapat dengan sejumlah stakeholder, salah satunya membicarakan mengenai pembebasan lahan yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah.

"Ini rapat dua mingguan saja, untuk lahan tol, nanti kita lihat," kata dia.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, rapat juga turut dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan Baldan; Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hediyanto W. Husaini, dan berbagai BUMN karya selaku kontraktor proyek tol trans sumatera tersebut.

Seperti diketahui, Jalan Tol Bakauheni–Bandar Lampung–Terbanggi Besar merupakan jalan tol sepanjang 140,41 kilometer, yang sedang dalam tahap pembangunan. Rutenya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah).

Jalan tol ini merupakan jaringan dari Jalan Trans-Sumatera, di mana peresmian pembangunan jalan tol dilakukan pada 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo. Adapun pembangunan ruas tol dilakukan oleh konsorsium BUMN, yakni PT Hutama Karya sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sekaligus pimpinan proyek, PT Pembangunan Perumahan (PP), PT Waskita Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, dan PT Adhi Karya Tbk.

Beredar Surat Terbuka Faisal Basri kepada Jokowi

(mus)

ITW: Proyek 47 Ruas Jalan Tol Bebani Rakyat

Pembangunan jalan adalah kewajiban negara.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016