Hadapi Mudik Lebaran, Pemerintah Siapkan Rp20 Triliun

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali

VIVA.co.id – Dalam rangka menyambut hari raya Lebaran, pemerintah akan kembali menyediakan fasilitas mudik gratis bagi para pemudik. Tak tanggung-tanggung, akan ada peningkatan alokasi anggaran untuk mengakomodasi fasilitas tersebut.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto mengungkapkan, pemerintah akan meningkatkan alokasi anggaran untuk fasilitas tersebut dari yang sebelumnya Rp5 triliun pada tahun lalu, menjadi berada di kisaran Rp20 triliun.

Menurut Pudji, peningkatan alokasi anggaran ini bertujuan untuk mendorong para pengguna sepeda motor beralih kepada fasilitas bus gratis yang disediakan pemerintah, untuk mengakomodasi arus mudik yang lebih efisien dan terjaga dengan baik.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Jadi, pemudik motor kami imbau untuk menggunakan bus gratis yang sudah disiapkan, karena tahun ini kapasitasnya meningkat," kata Pudji, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu 27 April 2016.

Meski begitu, jika para pemudik enggan menggunakan fasilitas bus gratis tersebut, pemerintah menyediakan layanan truk gratis yang diperuntukkan mengangkut para pengguna sepeda motor. Ia meminta, para pemudik dapat memanfaatkan fasilitas ini.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Para pemudik bisa naik bus, motornya nanti kami angkut pakai truk. Sayang sekali, kalau ini tidak bisa dimanfaatkan," ujar dia. (asp)

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021