Universitas Bakrie Gelar Seminar dan Indocompac 2016

Universitas Bakrie
Sumber :
  • Dok. Universitas Bakrie

VIVA.co.id – Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie mengadakan seminar nasional dan Call for Paper (Indocompac 2016) yang diselenggarakan untuk pertama kalinya pada 2016.

Universitas Bakrie Ajak Pemuda Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Tema yang diambil yakni 'Urgensi bisnis dan komunikasi dalam memperkuat peran Indonesia menghadapi dinamika ekonomi dan politik global'. 

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu 27 April 2016, Seminar Nasional ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pelaku bisnis, wirausaha, perumus kebijakan, birokrat, usaha kecil menengah, akademisi, dan mahasiswa.

Komitmen Universitas Bakrie Terhadap Net Zero Emission

Indocompac 2016 mengundang para penulis yang terpilih sebagai pemakalah terbaik untuk menulis di jurnal-jurnal yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie. 

Salah satu makalah terbaik adalah karya dari Devie Rahmawati (Lab. Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia) yang berkolaborasi dengan Wiratri Anindhita (Program Komunikasi Kwik Kian Gie School of Business) dengan judul 'Potensi Media Daring Menciptakan Komunitas Informasi Transnasional ASEAN' yang mengkaji kemungkinan dan peluang dari dinamika media online yang sudah ada sejauh ini, serta strategi apa yang perlu dilakukan untuk mengarahkannya, merealisasikan apa yang menjadi tujuan menciptakan persekutuan strategis transnasional yang lebih global. 

Dookatif, Startup Pendidikan Ciptaan Mahasiswa Universitas Bakrie

Diberikan penghargaan bagi pemakalah terbaik yang akan diumumkan pada Grand Seminar Nasional tanggal 2-3 Mei 2016 yang akan datang. 

Acara puncak, yakni Seminar Nasional bertemakan 'Urgensi bisnis dan komunikasi dalam memperkuat peran Indonesia menghadapi dinamika ekonomi dan politik global' akan diadakan di ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie, dengan mengundang pembicara Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan RI 2004-2009, Meutia Farida Hatta Swasono.

Selain itu, Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri, Salman Al Farisi, Duta Besar Australia, Paul Grigson, dan Direktur Utama Bakrie Telecom dan CEO PT B-Generasi Asia, Jastiro Abi.
 
”Memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN, Indonesia perlu meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan potensi ekonomi, politik, dan komunikasi secara memadai bagi kepentingan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk meningkatkan kesadaran bisnis dan kewirausahaan pada masyarakat," kata Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Nasional dan Call For Paper Indocompac 2016, Tuti Widiastuti.

Dia menjelaskan, proses pengenalan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan mampu menjadi titik balik dalam membangun daya saing bisnis yang lebih produktif. 

Menurutnya, Seminar Nasional dan Call for Papers tema 'Urgensi bisnis dan komunikasi dalam memperkuat peran Indonesia menghadapi dinamika ekonomi dan politik global', mencakup kompetensi sumber daya Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie sebagai wujud kontribusi peningkatan peran dalam kemajuan sektor bisnis di Indonesia.
 
Dia menambahkan, keluaran yang diharapkan dari Seminar Nasional dan Call for Papers ini adalah prosiding seminar yang ber-ISBN dan sebagai keberlanjutan, acara ini akan berlangsung setiap tahun sekali dengan pertimbangan bahwa dalam kurun waktu tersebut telah ada perkembangan pemikiran dan penelitian. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya