KAI Siapkan 217 Ribu Kursi per Hari Selama Musim Lebaran

Suasana di Stasiun Gambir saat libur panjang.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id – Jelang hari raya Lebaran, PT Kereta Api Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan maksimal bagi para konsumen, dengan cara meningkatkan penyediaan perjalanan kereta api selama musim arus mudik tiba.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Direktur Utama KAI, Edi Sukmono, mengungkapkan instansinya akan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat. 

Mulai dari sarana dan prasarana, sampai dengan sumber daya manusia yang mendukung untuk pelaksanaan angkutan selama musim Lebaran.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Sebab, pada tahun ini, Edi memperkirakan, akan terjadi peningkatan volume penumpang sebesar 5,5 persen, dari total jumlah penumpang pada tahun lalu 5.106.994 orang, menjadi 5.387.538 penumpang pada musim Lebaran tahun ini.

“Momentum Lebaran kali ini menjadi momen bagi para pegawai KAI dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Edi, dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat, 29 April 2016.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Guna mengantisipasi adanya kekurangan jumlah moda transportasi di tengah tingginya kebutuhan masyarakat saat musim Lebaran, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut akan menyediakan 336 perjalanan kereta api reguler, yang terdiri dari kereta api lokal, jarak jauh dan sedang dengan jumlah seat 22.360 per hari.

“Nanti juga akan ada 38 perjalanan kereta api tambahan dengan jumlah seat 22.360 per hari,” kata dia.

Dengan begitu, total seat yang tersedia selama masa musim Lebaran tahun ini menjadi 217.364 per hari, meningkat dari musim Lebaran pada tahun lalu sebanyak 214.048 seat per hari. 

Edi mengatakan, faktor keselamatan dan kenyamanan perjalanan akan menjadi prioritas yang akan selalu diutamakan selama musim Lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya