Nasihat Ampuh bagi Calon Pebisnis Pemula

wirausaha
Sumber :

VIVA.co.id – Ketika memutuskan untuk menjalani karir sebagai pebisnis, atau sering disebut sebagai entrepreneur (usahawan), ada banyak rintangan yang perlu kita lalui untuk menjadi sukses. Berbeda dengan bekerja pada orang lain (sebagai karyawan, buruh, ataupun lainnya), uang yang kita peroleh akan bergantung pada cara kita berbisnis.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Ada beberapa nasihat untuk menjadi seorang pebisnis sejati yang bisa membantu menuju kesuksesan. Tidak perlu menunggu lama, simak beberapa nasihat yang dapat membantu mengubah kamu dari pebisnis pemula menjadi pebisnis sejati!

1. Selalu siap akan kegagalan

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Menjadi seorang pebisnis, berarti siap mengambil risiko. Sama seperti roda yang berputar, ada saatnya kamu berada di ‘atas’ dan berada di ‘bawah’. Begitu pula dengan bisnis. 

Ada saatnya, kamu akan dihadapkan pada pilihan berisiko yang malah berakhir dengan kegagalan besar. Namun, bukan berarti kamu harus takut pada risiko tersebut. Carilah cara untuk meminimalisir risiko kegagalan, dan belajarlah dari pengalaman apabila memang akhirnya gagal.

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

2. Jangan mudah menyerah pada keadaan

Salah satu ciri pebisnis sejati adalah tidak mudah menyerah, sekali pun banyak mengalami kegagalan. Pencipta bohlam lampu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini, Thomas Alfa Edison, gagal menciptakan bohlam lampu hingga lebih dari seribu kali sebelum akhirnya menemukan formula yang pas. 

Sebagai tambahan, ia mengatakan bahwa ia bukannya gagal, tetapi ‘mengetahui 1.000 cara lain yang bukan mengarah kepada kesuksesannya’.

Baca juga: Tujuh Artis Indonesia yang Sukses Menjadi Pengusaha!

3. Konsumen adalah raja

Jika cara menjadi atasan yang baik adalah mau mendengarkan suara bawahanmu, cara menjadi pebisnis yang baik adalah mau mendengarkan suara konsumen. Dengarkan apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai dari produkmu, dan apa yang mereka harapkan untuk kamu terapkan pada bisnis. Cobalah memposisikan diri di pihak konsumen, agar bisa lebih mudah membayangkannya.

Baca juga: 21 Wanita Indonesia Berprestasi yang Bisa Menjadi Inspirasi Kesuksesan!

4. Memilik visi dan misi untuk bisnismu

Sebagai seorang pebisnis, setidaknya kamu perlu punya bayangan akan dibawa ke mana bisnismu nantinya. Memang tidak harus membuat perencanaan yang terperinci, karena kenyataan sering tidak sejalan dengan rencana. Namun, kamu perlu visi yang jelas, agar bisnismu secara perlahan mengarah sesuai dengan tujuan tersebut. 

Baca juga: Lima Cara Mengatur Keuangan Kuliah Sambil Bekerja!

5. Amati dan ambil peluang yang ada

Entrepeneur juga jeli melihat peluang yang ada. Sebagai contoh, jeli melihat permasalahan yang sering timbul di masyarakat dan kamu bisa menciptakan solusi untuk permasalahan tersebut sebagai inti bisnis. Selain itu, kamu juga perlu mendengarkan suara konsumen, atau calon konsumen, seperti yang diterangkan pada tips sebelumnya agar bisnis bisa bisa berhasil.

6. Kejarlah passion kamu

Tips terakhir, terutama jika kamu adalah pebisnis pemula, carilah bidang yang sesuai dengan minat dan passion (gairah) kamu. Kebanyakan pebisnis sukses, karena bergelut di bidang yang menjadi passion mereka. Kalau kamu punya passion, akan lebih mudah tahan banting dan selalu berpikir inovatif atas bisnis yang kamu miliki.

Nah, itulah enam nasihat yang bisa kamu terapkan dalam praktik merencanakan dan menjalankan bisnis. Sekarang, mulailah berhemat dan menabung untuk mulai mengumpulkan modal usaha. Kalau tidak ingin menggunakan tabungan, kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan untuk memulainya.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya