Pertamina Ekspor Perdana Aspal ke Timor Leste

Ekspor perdana aspal Pertamina ke Timor Leste
Sumber :

VIVA.co.id – PT Pertamina melakukan ekspor perdana aspal ke Timor Leste. Ini adalah pertama kalinya Indonesia melakukan ekspor aspal hasil karya anak negeri ke luar negeri.

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Melalui afiliasi Pertamina di Timor Leste, yaitu Pertamina International Timor, SA (PITSA), pada ekspor perdananya kali ini Pertamina mengirimkan 645 drum aspal atau setara 100 metrik ton (MT) dari Bitumen Plant Gresik pada Jumat, 29 April 2016.

“Pengiriman perdana ekspor ini merupakan kunci upaya kami untuk menunjukkan bahwa kualitas produk Pertamina layak menjadi unggulan. Bukan saja di dalam negeri, namun juga diakui di luar negeri,” ujar VP Petrochemical Pertamina, Supriyanto DH, dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu, 30 April 2016.

Pelatih Timor Leste: Timnas Indonesia Menakjubkan

Dia menegaskan akan terus mengejar berbagai kesempatan untuk menjadikan Pertamina sebagai pemimpin pasar di bidang penyedia aspal. Meskipun baru mengawali di tahun ini, namun ia menargetkan Pertamina dapat meraup 20 persen pangsa pasar aspal Timor Leste di akhir 2017.

“Hal ini yang mendorong kami untuk melakukan langkah ekspansi tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga ke luar negeri. Kami juga berharap dengan menyediakan aspal yang berkualitas, kami dapat membantu masyarakat mendapatkan akses jalan, baik pembuatan maupun perbaikan jalan yang layak sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya,” kata Petrochemical Manager Region V, Iin Febrian pada kesempatan yang sama.

Shin Tae-yong Nilai Timor Leste Bukan Tim Bagus

Saat ini, Pertamina merupakan pemimpin penyedia aspal di Indonesia. Pertamina memiliki beberapa infrastruktur seperti kilang Cilacap yang berkapasitas 360.000 MT per Tahun dan merupakan satu-satunya kilang yang memproduksi aspal di Indonesia, Bitumen Plant Gresik dengan kapasitas penyimpanan 16.000 MT, sejumlah Terminal Aspal Curah dan 41 mitra agen yang bekerjasama dengan Pertamina tersebar di seluruh Indonesia.

GM Pertamina Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono, menyatakan kendati penuh tantangan, Pertamina masih menjadi pemimpin di bisnis aspal. Terbukti, untuk wilayah pemasaran produk petrochemical region V (Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Maluku dan Papua), pangsa pasar Pertamina berada di kisaran 56 persen. Sedangkan dari sisi penjualan, pada 2015 mengalami peningkatan sebesar 27 persen dibandingkan penjualan 2014. (ase)

Menteri Luar Negeri Australia ketika itu Alexander Downer bersama dengan Presiden Indonesia BJ Habibie dan Menlu Ali Alatas di Jakarta.  (Reuters: Enny Nuraheni)

Dokumen Terbaru: Australia Menyadap Politisi Timor Leste Tahun 2000

Dokumen di pengadilan di Australia menunjukkan bahwa pemerintah Australia memantau  pembicaraan para pemimpin politik di Timor Leste mulai tahun 2000. Ada permainan?

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022