YLKI: Hak Buruh dan Konsumen Sering Terabaikan

Tulus Abadi
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVA.co.id – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai hak buruh tak jauh berbeda dengan hak konsumen. Ironisnya, hak buruh dan konsumen sering dipinggirkan atau dimarginalisasikan oleh produsen atau pelaku usaha, terutama oleh pemilik modal besar.

Ribuan Buruh Tiba di Monas, Medan Merdeka Macet

"Ironisnya pemerintah lebih sering berpihak pada pemilik modal, daripada melindungi hak-hak buruh dan hak konsumen," ujar Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam pesan singkatnya, Sabtu 30 April 2016.

Memperingati hari buruh sedunia yang jatuh pada 1 Mei 2016, dan dalam konteks gerakan konsumen secara universal, lanjut Tulus, konsumen bisa bersinergi dengan buruh. Yaitu dengan cara tidak membeli atau mengonsumsi produk-produk baik barang dan jasa, yang dibuat dengan cara melanggar hak-hak buruh.

Protes PHK Sepihak, Ratusan Buruh Blokir Tol Bitung

"Aksi boikot produk oleh konsumen, untuk menghukum produsen nakal, salah satunya yang melanggar hak-hak buruh, lazim dilakukan di negara-negara maju," kata dia.

Dalam konteks ini, menurut dia, konsumen seharusnya bukan hanya menuntut haknya sebagai konsumen, tetapi juga bertanggungjawab, bahwa barang atau jasa yang dikonsumsinya adalah barang yang tidak melanggar hak buruh, tidak melanggar hak asasi manusia, tidak mencemari lingkungan, bukan perusahaan pengemplang pajak, dan barang yang legal.

YLKI: Kasus Lion Air Salah Mendarat Harus Diinvestigasi

"Dengan kata lain, jika konsumen mengonsumsi barang atau jasa yang bermasalah tersebut, sama artinya konsumen mendukung pelanggaran-pelanggaran dimaksud. Konsumen yang cerdas, bukan semata konsumen yang getol menuntut haknya, tetapi juga menjadi konsumen yang bertanggungjawab," ujar dia.

Presiden KSPI, Said Iqbal.

Presiden KSPI: Jangan Pilih Ahok 'Si Bapak Upah Murah'

UMP DKI di bawah Bekasi dan Karawang.

img_title
VIVA.co.id
29 September 2016