Pemerintah Akan Turunkan Bunga KUR Demi Buruh

Ribuan buruh dari berbagai aliansi mengikuti puncak peringatan Hari Buruh Internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (1/5/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id –  Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memastikan bahwa pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang pro terhadap pekerja atau buruh. Kebijakan itu terkait tentang pengupahan, seperti Tunjangan Hari Raya (THR), uang servis, jaminan sosial ketenagakerjaan, Tapera, dan akses keuangan melalui KUR.

DPR Minta Pemerintah Perketat Izin TKA

Menurut Hanif, hingga saat ini, bunga KUR terus diupayakan pemerintah agar mengalami penurunan. Tahun 2014 bunga KUR tercatat sebesar 22 persen. Pada tahun 2015 diturunkan menjadi 12 persen, dan pada tahun 2016 hanya sembilan persen. Di tahun 2017, ditargetkan bunga KUR akan diturunkan menjadi tujuh persen.

"Karena sekarang ini, KUR bisa diakses oleh individu termasuk TKI di luar negeri, korban PHK, keluarga buruh, anggota keluarga dari pekerja. Kebijakan lainnya adalah KIP, KIS, perumahan pekerja dan transportasi pekerja untuk selalu dimasifkan," kata Hanif, Minggu, 1 Mei 2016.

Hanif menambahkan, peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day diharapkan dapat memberikan semangat dan kegembiraan bagi buruh. Aksi yang digelar buruh juga harus berjalan dengan tertib untuk menghilangkan persepsi negatif tentang May Day. Karena itu, Hanif meminta kepada publik untuk tidak khawatir terhadap May Day.

Aksi buruh

Pemerintah Harus Tetap Perjuangkan Nasib Buruh

Ribuan buruh hari ini menggelar aksi serentak untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang digelar setiap tanggal 1 Mei. Di Jakarta, aksi buruh digelar di depan Istana Negara dan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Ada empat tuntutan yang disuarakan para buruh. Pertama, mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015. Kedua, setop kriminalisasi buruh dan aktivis sosial serta setop PHK. Ketiga, tolak reklamasi, penggusuran dan RUU Tax Amnesty, yang dianggap tidak adil karena upah buruh dikendalikan dengan rezim upah murah PP Nomor 78 Tahun 2015, tapi secara bersamaan orang yang mengemplang pajak diampuni.

Serikat Buruh Berencana Bentuk Partai Politik

Sementa tuntutan buruh yang keempat adalah deklarasi ormas buruh sebagai kekuatan blok politik, yang meliputi kaum buruh, guru honor, mahasiswa, aktivis, petani, dan lain-lain. Pada peringatan hari buruh ini, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendeklarasikan dua organisasi masyarakat, yakni Rumah Rakyat Indonesia (RRI) dan Organisasi Rakyat Indonesia (ORI) resmi dideklarasikan. RRI tersebar di 28 provinsi dan 196 kabupaten/kota, sedangkan ORI baru tersebar di 14 provinsi.  

Berbeda dengan aksi sejumlah buruh lainnya, di Depok Jawa Barat, buruh bersama polisi, TNI dan pejabat pemerintahan merayakan May Day di dalam mal.  Mereka bernyanyi dan potong tumpeng bersama. Kegiatan berlangsung di area Margocity sekaligus sebagai penutup kegiatan Depok Police Expo 2016.

Berbeda dengan di Jakarta, bentrokan mewarnai peringatan hari buruh di Medan yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) di jalan Sutomo Medan, Minggu . Akibatnya, sejumlah buruh harus diamankan oleh pihak kepolisian setempat.

Kericuhan dan bentrokan ini, berawal saat massa yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bersatu Menggugat (ABBM) mendatangi gedung olahraga GOR tersebut. Sedangkan, di dalam GOR itu, sedang berlangsung acara peringatan hari buruh, yang dilakukan organisasi buruh yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh/Serikat Pekerja Indonesia (GAPBSI) Kota Medan juga sedang berkumpul.

Saat acara berlangsung. Tepatnya, di depan GOR, massa ABBM sempat melakukan orasi. Namun, hal tersebut segera berhenti tatkala massa GAPBSI ke luar gedung dan mendatangi massa ABBM.Tak terima orasi mereka dihentikan dan dibubarkan, kedua kelompok buruh ini.

Sempat adu mulut, kemudian kedua massa kemudian terlibat aksi saling dorong dan lempar botol air mineral. Seorang ibu dari kubu ABBM pingsan dalam insiden ini dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya