RI Ingin China Bisa Investasi Sedikitnya Rp390 Triliun

Gedung BKPM.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) resmi meluncurkan desk khusus China pada Senin, 2 Mei 2016. Hal itu dilakukan untuk mengawal investor Tongkok menanamkan modalnya di Indonesia.

Rata-rata Transaksi Harian Bursa Efek Capai Lebih Rp5.700 T

Kepala BKPM, Franky Sibarani, berharap dengan adanya desk khusus ini target realisasi investasi dari Negeri Tirai Bambu tersebut dapat meningkat menjadi  US$30 miliar atau setara Rp390 triliun (kurs Rp13.000 per dolar) di tahun ini.

"Target investasi Tiongkok kita targetkan tahun ini US$30 miliar, itu untuk komitmen investasinya. Tahun lalu, komitmen investasi US$21 miliar (Rp273 triliun) dan untuk tahun ini hingga Maret 2016 sudah US$4 miliar (Rp52 triliun)," kata dia di kantornya.

Indonesia Jadi Radar Utama Pebisnis Norwegia

Franky mengaku, peluncuran desk khusus China ini mundur dari rencana awal yaitu pada bulan April 2016 lalu. Namun demikian, pihaknya tetap mewujudkan langkah progresif tersebut untuk menggenjot realisasi investasi yang tahun ini ditargetkan sebesar Rp594,8 triliun.

Kemudian, Franky juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan menaikkan investment rate atau tingkat investasi tahun ini menjadi di atas 10 persen. Kenaikan investment rate ini untuk rencana investor yang benar-benar ingin menanamkan modalnya di Indonesia sehingga implikasinya langsung terjadi.

Jepang Siapkan Rp900 Miliar Bangun Shopping Center

"Kita juga naikan investment rate-nya yang tahun lalu sekitar 7-8 persen. Ini jadi PR (pekerjaan rumah) besar kita untuk meningkatkan kualitas dan realisasinya, tahun ini kita lakukan untuk mengejar realisasi investasi yang hingga Maret baru ada US$4 miliar," tutur Franky.

(ren)

Gedung BKPM.

Jepang Minat Investasi Rp600 miliar Bangun Pabrik Damkar

KEK Sei Mangke dan Tanjung Api-api miliki bahan baku terbaik.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2016