RI Jadi Tempat Wisata Favorit Warga Tiongkok

Kunjungan Wisatawan ke Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara Indonesia pada Maret  2016 kembali meningkat menjadi 892,2 ribu kunjungan atau naik 7,88 persen dari jumlah kunjungan pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 827,1 ribu kunjungan.

Pencairan Gaji 13 dan THR Jadi Ajang Pedagang Naikkan Harga

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin menjabarkan, upaya pemerintah yang terus berkomitmen dalam mempromosikan objek-objek wisata baru di dalam negeri dianggap menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah turis asing yang menyambangi Indonesia.

"Kebijakan pemerintah membebaskan visa bagi sejumlah negara juga memberikan andil," ujar Suryamin dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin 2 Mei 2016.

April, Jumlah Pelancong Mancanegara Merosot

Suryamin menjelaskan, jumlah turis asing pada Maret 2016 meningkat 3,36 persen dibandingkan pada periode Februari 2016 yang mencapai 863,2 kunjungan. Peningkatan jumlah turis pada periode tersebut terutama berasal dari wisatawan China, yang berlibur saat hari raya Imlek.

Wisatawan Negeri Tirai Bambu tersebut nyatanya masih menganggap Indonesia sebagai destinasi favorit untuk berlibur. Hal ini tercermin dari data lima besar kunjungan wisawatan reguler menurut kebangsaan yang dilaporkan BPS.

Komoditi Pangan dan Tarif Angkutan Umum Sumbang Inflasi Mei

"Realisasi kunjungan wisawatan terbesar berasal dari China, dengan realisasi 102.116 kunjungan. Naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 92.447 kunjungan," kata dia.

Menurut dia, peningkatan jumlah kunjungan turis ini pada akhirnya memberikan angin segar bagi tingkat hunian kamar hotel berbintang. Kenaikan tingkat hunian cukup signifikan menjadi sebesar 3,75 poin atau mencapi 52,88 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 49,13 persen.

"Tentunya ini bisa meningkatkan pendapatan di sektor perhotelan dan berimbas positif terhadap PDB (produk domestik bruto)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya