Bos Facebook Ungkap Jurus Dirikan Perusahaan

CEO dan Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Lebih dari satu dekade lalu, Mark Zuckerberg mendirikan sebuah perusahaan yang saat ini berstatus sebagai raksasa bernilai US$200 miliar dengan lebih dari 9.000 orang karyawan di dalamnya. Pada tahun 2014, Facebook telah memiliki sedikitnya 900 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

4 Tokoh Dunia Sukses Bangun Bisnis di Usia Belasan Tahun

Miliarder muda ini mengungkapkan rumus penting yang harus diperhatikan seorang perekrut saat mencari pekerja. Karena rumus inilah Mark berhasil mendapatkan tenaga Sheryl Sandberg. Perempuan berumur 46 tahun ini disebut sebut sebagai otak bisnis Facebook.

Kepiawaiannya mengendus duit iklan telah mengubah Facebook yang semula merupakan situs pertemanan gratis menjadi mesin uang raksasa. Para analis memprediksi Sheryl sudah mendatangkan miliaran dolar sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2008.

Mark Zuckerberg Klaim Bangun Facebook Bukan untuk Uang

Kepada Telegraph, Zuckerberg mengungkapkan rumus itu. "Saya hanya akan merekrut orang yang mau bekerja untukku dan punya kapasitas, sehingga saya bahkan mau bekerja untuknya".

Percaya diri

Sembilan Ide Bisnis untuk Remaja

Untuk mendapatkan orang tersebut, pria yang masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia punya pertanyaan yang spesifik bagi calon karyawannya yakni: "Apa yang kira kira membuat sang calon karyawan cukup pantas sehingga seorang Mark Zuckerberg mau bekerja untuknya?"

Menurut Mark, jawaban dari pertanyaan ini akan menunjukkan kapasitas, kemampuan, sekaligus rasa percaya diri yang dibutuhkan perusahaan besar dari karyawannya. Menurutnya, hal yang paling penting adalah rasa percaya diri dan yakin akan kemampuan diri sendiri.

Sebab, saat Anda muda akan banyak orang yang mengatakan Anda belum cukup berpengalaman untuk melakukan sesuatu dan lebih banyak orang yang punya pengalaman lebih banyak dari Anda. "Tapi lihat, saya mendirikan Facebook ketika usia saya masih 19 tahun," ujarnya.

Tips membangun perusahaan

Pendiri Facebook ini juga membocorkan tips bagaimana membangun perusahaan yang sukses. Menurutnya, tips ini sudah teruji karena dia terapkan saat mendirikan Facebook. Menurut Zuckerberg, salah satu kunci suksesnya saat mendirikan Facebook adalah tim kerja yang kecil namun efektif.

"Salah satu hal penting adalah Anda harus menjaga agar tim Anda tetap sekecil mungkin," ujarnya.

Baca juga: Daftar Negara yang Punya Kebijakan Sekolah Gratis

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya