Kembangkan Bisnis, Bank MNC Akan Akuisisi Bank Lain

Seorang nasabah melakukan transaksi di bank peserta penjaminan LPS.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Bank MNC Internasional Tbk tahun ini ini berencana kembali mengakuisisi salah satu bank yang ada dalam kelompok buku I atau bank yang memiliki modal inti kurang dari Rp1 triliun. Hal tersebut guna mengembangkan bisnis perseroan.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Direktur Utama Bank MNC, Benny Purnomo mengatakan, rencana tersebut sudah diketahui dan disetujui para pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham tahunan dan luar biasa (RUPST/LB).

"Dalam RBB (rencana bisnis bank) 2016  kami juga mencantumkan akan mengakuisi salah satu bank buku I," ujarnya di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa, 3 Mei 2016.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

Sayangnya, Benny masih merahasiakan bank apa yang sedang diincar. Namun, Benny menegaskan, bank yang akan diakuisisi harus sesuai dengan fokus bisnis utama dari bank berkode emiten BABP ini.

"Bisnis kami difokuskan pada konsumer sehingga bank tersebut juga harus sejalan," ujarnya menambahkan. 

Kinerja BTN Lampaui Industri Perbankan Kala Pandemi karena Ini

Dia menuturkan, rencana akuisisi tersebut akan dilakukan oleh induk usaha, yakni PT MNC Kapital Tbk. Setelah diakuisisi induk kemudian bank tersebut akan dilebur atau dimerger dengan Bank MNC.

"Tapi bank yang diakuisisi harus bersih dulu, jangan jadi PR buat kami," ujarnya.

Di samping dana dari induk usaha, rencana akuisisi yang akan dilakukan perseroan tahun ini, bakal menggunakan dana right issue yang diperkirakan mencapai Rp500 miliar.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya