Sambut Libur Panjang, Pelayanan di Bandara Siap Digenjot

Kantor Angkasa Pura II
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Iqbal

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura II (Persero) mengaku siap melayani penumpang pesawat di 13 bandara yang dikelola perusahaan itu saat periode libur panjang pada 5 hingga 8 Mei 2016. Bahkan, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pergerakan penumpang pesawat diperkirakan meningkat sejak 4 Mei 2016. 

AP II Diminta Segera Selesaikan Terminal 3 Ultimate

Pada 4-8 Mei 2016, diperkirakan pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai 850.605 penumpang atau naik sekitar 41 persen dibandingkan dengan hari normal.

Sementara itu, pada periode yang sama yakni 4-8 Mei 2016, pergerakan pesawat diperkirakan naik 33 persen menjadi 5.858 pergerakan dibandingkan dengan hari normal.

Layani Pemudik, Bandara Soeta Tambah 200 Extra Flight

President Direktur Angkasa Pura II, Budi Karya Sumadi, mengatakan menjelang libur panjang pada pekan ini, Angkasa Pura II telah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait, agar operasional di bandara berjalan lancar sehingga pelayanan kepada penumpang tetap terjaga. 

"Seluruh petugas di bandara, seperti customer service, customer service mobile, duta larangan merokok, aviation security, dan sebagainya juga akan lebih dioptimalkan, demi kenyamanan penumpang,” kata Budi, di Jakarta, Selasa, 3 Mei 2016. 

AP II: Perpindahan Hanya untuk Maskapai Garuda Indonesia

Dia menjelaskan, terkait dengan peningkatan jumlah penumpang tersebut, Angkasa Pura II mengimbau kepada penumpang pesawat, agar menggunakan transportasi publik dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang akan membuat lalu lintas padat.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat berbagai jenis moda transportasi yang dapat dipilih para penumpang pesawat, yakni:

1. Taksi reguler sekitar 3.800 unit
2. Taksi eksekutif sekitar 1.300 unit
3. Bus sekitar 270 unit untuk tujuan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari berbagai lokasi di Jabodetabek
4. Mobil sewa sekitar  1.200 unit
5. Angkutan travel sekitar 73 unit
6. Shuttle di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Seperti diketahui, saat ini Angkasa Pura II mengelola 13 bandara yakni Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang).

Selain itu bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), dan Silangit (Tapanuli Utara).

Dia menambahkan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak September tahun lalu juga telah dioperasikan customer service center yang akan menyediakan solusi secara cepat atas keluhan atau kebutuhan pelanggan selama di bandara.
 
“Di customer service center terdapat perwakilan maskapai nasional yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta juga dari Angkasa Pura II, sehingga apabila ada keluhan dari penumpang pesawat dapat langsung ditangani. Customer service center ini merupakan contoh yang baik dari sinergi antara Angkasa Pura II dan maskapai demi kepuasan pelanggan,” tutur dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya