4 Cara Sederhana Kelola Uang

Ilustrasi laporan keuangan
Sumber :
  • HaloMoney

VIVA.co.id – Apakah Anda sering mengalami uang yang dimiliki hanya mampir sementara di rekening, ataukah apakah Anda sering mengalami kesulitan keuangan pada pertengahan bulan? Inilah permasalahan yang sering dialami, karena awalnya sudah salah dalam memperhitungkan keuangan untuk memenuhi segala kebutuhan yang harus segera tercukupi.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Tidak semua orang pandai dalam mengelola keuangannya dengan baik, tetapi tidak selamanya permasalahan tersebut tidak bisa terpecahkan. Karena, bisa dengan cara memulai untuk mengalokasikan keuangan Anda terhadap pos-pos yang dirasa paling dibutuhkan.

Setiap orang banyak yang menyepelekan masalah seperti ini, tapi pada kenyataannya masalah tersebutlah yang paling berpengaruh terhadap kondisi keuangan saat ini dan untuk masa yang akan datang. Maka dari itu, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana mengelola keuangan secara sederhana, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Jangan menyimpan uang di rumah

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah, dengan tidak menyimpan uang di rumah. Banyak orang masih menggunakan cara lama ini, dengan alasan praktis dan tidak merepotkan. Padahal, menyimpan uang di rumah sangat tidak aman dan memiliki risiko yang besar.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Banyak tindak kejahatan pencurian terjadi dikarenakan seseorang menyimpan uangnya di rumah, dan telah diketahui oleh orang lain, sehingga tidak jarang menggoda orang lain untuk menguasainya.

Baca Juga: Berburu Tiket Murah Saat Lebaran? Ini caranya!

2. Melakukan investasi

Cara kedua, adalah dengan menginvestasikannya sebagian dari uang penghasilan dalam bentuk lain yang nilainya tidak akan mudah berubah, antara lain seperti tanah, rumah, polis asuransi atau emas.

Meski Anda tidak menyukai mengenakan perhiasan emas, Anda harus mematuhi saja saran dari orang terdekat Anda untuk membeli perhiasan emas. Menurut teman Anda, saat ini harga emas cenderung naik, jadi bila dibutuhkan dapat dijual kembali sewaktu-waktu dan tidak akan rugi.

Juga sangat tidak menyarankan Anda untuk menginvestasikannya ke dalam bentuk perangkat elektronik, seperti ponsel, TV, komputer, gadget, dan lain sebagainya, karena umumnya perangkat-perangkat elektronik tersebut nilainya langsung turun setelah Anda membelinya, meski baru saja membelinya hari itu juga.

3. Memiliki rekening di bank yang berbeda

Cara ketiga, Anda diharuskan saat ini memiliki tiga rekening dari tiga bank yang berbeda, dan kesemuanya jenis rekening yang tidak dikenakan oleh biaya bulanan. Rekening pertama untuk payroll, rekening kedua untuk belanja harian, dan rekening ketiga untuk tabungan.

Cara ini terbukti sangat efektif, di rekening ketiga sengaja Anda tidak menggunakan fasilitas ATM dengan alasan tidak ingin tergoda untuk mengambil isinya, dan memang bisa dibuktikan, tabungan Anda di rekening ketiga, hingga hari ini tetap aman dan tidak tersentuh sama sekali.

Hidup bukan untuk hari ini saja, masih ada hari esok yang juga memerlukan pengeluaran. Oleh karena itu, mari bijaksana dalam mengatur pengeluaran kita selagi muda, agar masa depan akan selalu aman dari kesulitan-kesulitan keuangan.

Baca Juga: 7 Ilmu Kelola Keuangan dari Beyonce

4. Belanjakan sesuai kebutuhan

Cara keempat, tentunya Anda tidak ingin disebut sebagai seseorang yang cocok dengan peribahasa berikut ini, "Besar Pasak daripada Tiang." Belanjakan uang penghasilan Anda sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda, jangan berjiwa konsumtif.

Rasa ingin terus untuk memiliki sesuatu yang Anda inginkan, hendaknya dimulai dari sekarang dapat Anda kendalikan, jangan malah sebaliknya Anda mengalah terhadap kondisi yang sedang terjadi.

Mulai untuk melatih diri agar lebih bijaksana dalam mengatur pengeluaran Anda sedini mungkin. Pada akhirnya akan menyelamatkan kehidupan finansial Anda baik sekarang maupun di masa depan.

Atur keuangan dengan rapi dan baik

Satu hal yang bisa dipelajari dari artikel di atas adalah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu Anda dalam mengatur kondisi keuangan agar senantiasa dalam kondisi baik.

Karena Anda pasti tidak menginginkan sesuatu hal yang buruk menimpa kelangsungan hidup Anda saat ini dan untuk di masa yang akan datang. Apabila segalanya masih bisa dicegah, maka alangkah lebih baik untuk mencegahnya. Daripada Anda telanjur masuk ke dalam masalah keuangan tersebut.

Baca Juga: Cara Jitu Melunasi Kartu Kredit Agar Bebas Utang 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya