Tak Berani Wirausaha,Tingkat Pengangguran SMK Paling Tinggi

SMKN 1 Kudus jurusan tata boga.
Sumber :
  • Dokumen Djarum

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) untuk kategori Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) turut meningkat. Bahkan, lulusan SMK tercatat sebagai tingkat pengangguran tertinggi dibanding tingkat pendidikan lainnya.

April, Jumlah Pelancong Mancanegara Merosot

Tercatat TPT untuk tingkat pendidikan SMK, sebesar 9,68 persen pada Februari 2016, naik dari tahun sebelumnya pada Februari 2015 sebesar 9,05 persen. TPT SMK tertinggi adalah pada jurusan tata boga.

Kasubdit Statistik Ketenagakerjaan BPS, Wahyu Winarsih mengatakan, kenaikan TPT yang terjadi ini akibat belum adanya jiwa wirausaha di kalangan pelajar SMK.

Komoditi Pangan dan Tarif Angkutan Umum Sumbang Inflasi Mei

"Lulusan SMK memang naik jumlahnya. Kalau desainnya kan mereka untuk jadi wirausaha tapi kenyataannya mayoritas di antaranya bekerja dulu dengan orang lain, jadi buruh atau karyawan. Sementara lapangan kerja yang menyerap mereka terbatas. Mereka belum berani berwirausaha," kata Wahyu di kantor pusat BPS, Rabu, 4 Mei 2016.

Selain itu, penyebab lainnya adalah masih ada ketidakcocokan antara kemampuan yang dimiliki pelajar tersebut dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Ekonomi Stabil, Inflasi Mei 0,24%

"Kalau ditelusuri, SMK yang TPT-nya tinggi, kayak jurusan tata boga. Mereka tidak langsung berani wirausaha, bekerja dulu untuk orang lain tapi lapangan kerjanya belum bisa menyerap semua," tutur dia.

Harga pangan melonjak tajam

Pencairan Gaji 13 dan THR Jadi Ajang Pedagang Naikkan Harga

Permintaan barang dan makanan akan langsung meningkat saat gaji cair.

img_title
VIVA.co.id
1 Juni 2016