Rencana Umum Energi Nasional Segera Diserahkan ke Presiden

Sudirman Said
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G. Asmara

VIVA.co.id – Menteri Energi dan  Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, bersama anggota Dewan Energi Nasional (DEN), telah menyelesaikan pembahasan finalisasi rancangan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), yang merupakan turunan dari kebijakan Energi Nasional (KEN).

Tahun Politik, Rancangan Energi Daerah Wajib Selesai 2017

Sudirman, yang juga Ketua Harian DEN mengatakan, RUEN seharusnya sudah selesai semenjak lima atau enam bulan yang lalu. Namun, ada beberapa pembahasan yang perlu dicermati lebih lanjut, agar dapat dirancang dengan lebih baik.

"Jadi, tadi kita baru saja menyelesaikan sidang ke-17 Dewan Energi Nasional (DEN). Agendanya adalah menyelesaikan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). RUEN  itu merupakan dokumen turunan KEN,"ujar Sudirman Said usai rapat di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Rabu, 4 Mei 2016.

DEN Dorong Industri Kejar Target Produksi Energi Terbarukan

Selain anggota DEN, turut hadir dalam rapat pembahasan finalisasi RUEN di antaranya Menteri Perindustrian Saleh Husin serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. "Dalam rapat, ada tiga menteri hadir, termasuk saya. Empat menteri (yang juga diundang) tidak hadir, karena tugas keluar kota," kata dia.

Sudirman menuturkan, rapat finalisasi RUEN tersebut di antaranya membicarakan situasi energi terkini, langkah-langkah ke depan, kebijakan-kebijakan-kebijakan dari sub sektor, dan dihasilkan perubahan paradigma, bahwa energi bukan lagi sebagai komoditi, tapi menjadi pendorong sebagai modal pembangunan nasional.

Industri Turunan Nikmati Dampak Turunnya Harga Gas

Kemudian, di bidang migas ada rumusan kebijakan, mulai dari riset data eksplorasi, perbaikan tata kelola, pembangunan kilang hingga pembangun jaringan gas. "Saya bersyukur, seluruh substansi sudah disepakati anggota. Itu artinya, kita punya pedoman menjalankan peningkatan kedaulatan energi," jelas Sudirman.

Anggota DEN Andang Bachtiar menuturkan, bahwa hasil sidang anggota DEN yang terakhir ini nantinya akan langsung diserahkan kepada ketua umum DEN, yakni Presiden Joko Widodo, di mana nantinya akan sekaligus dilakukan penetapan akhir dari RUEN.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya