Gandeng Kebun Binatang Ragunan, Bank DKI Genjot e-Ticketing

Peluncuran JakCard.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – PT Bank DKI dan Taman Margasatwa Ragunan bekerja sama untuk meningkatkan penggunaan transaksi kartu elektronik (e-ticketing) JakCard.

Ahok Ingin Bank DKI Bisa 'Go Public'

Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi mengatakan, penggunaan layanan transaksi tersebut mengacu dari jumlah pengunjung Kebun Binatang Ragunan yang mencapai 5,2 juta orang per tahun, lalu dikali rata-rata biaya masuk pengunjung Ragunan sebesar Rp4.000 per orang.

Dengan demikian, tambahan jumlah transaksi ini ditargetkan sebesar Rp20,8 miliar.

Puncak Kunjungan di Ragunan Diprediksi Sabtu dan Minggu

“Biaya masuk Ragunan relatif terjangkau. Ke depan, kami menargetkan jumlah JakCard sama dengan jumlah penduduk Jakarta saat ini, sekitar sembilan juta kartu,” kata Kresno dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Rabu 4 Mei 2016.

Sebagai informasi, hingga Maret 2016, tercatat jumlah kartu JakCard yang beredar sebanyak 575.489 kartu, dengan jumlah rata-rata per bulan lebih dari 300 ribu transaksi. Nilai transaksinya mencapai Rp1,03 miliar per bulan.

Wagub Djarot Desak Bank DKI Lebih Pro Wong Cilik

Selain peresmian e-ticketing, Bank DKI bersama Ragunan menandatangani perjanjian kerja sama dengan Taman Margasatwa Ragunan dalam menyelenggarakan sistem transaksi elektronik menggunakan aplikasi Ragunan Zoo.

Kresno mengungkapkan, adanya kerja sama ini akan menguntungkan Ragunan dan para pengunjung, karena lebih praktis serta aman.

"Pengelola juga akan lebih efisien dalam mengelola pemasukan dari tiket. Bukan hanya sebatas tiket masuk, pengunjung juga nantinya dapat melakukan pembayaran seluruh transaksi dengan menggunakan JakCard," ungkap Kresno.

Ia menambahkan, implementasi JakCard telah diuji coba kepada para pengunjung sejak 17 Februari 2016, dan hasilnya cukup baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya