Terminal 3 Ultimate Akan Jadi Bandara Transit

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta,Tangerang
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura II (Persero) rencananya akan segera menambah fasilitas di Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Terminal 3 Ultimate ini direncanakan akan menjadi bandara transit.

Komisi V Dukung Masterplan Pengembangan Bandara Fatmawati

Direktur AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, hal itu lantaran melihat potensi dari penerbangan yang mencapai 12 hingga 13 juta penumpang yang melewati langit tanpa mendarat di Indonesia tiap tahunnya.

"Yang lebih ironis, dari riset BCG (Boston Consulting Group), penerbangan yang melewati Indonesia tanpa mendarat, sekitar 12-13 juta penumpang dalam setahun. Mereka transit di negara tetangga. Kita ingin sebagian pindah ke Jakarta, dengan Ultimate 3 bagus ini potensi, Soetta akan jadi transit airport," ujarnya lewat keterangan resminya, Sabtu 7 Mei 2016.

Religion Ministry Sets the 2024 Eid al-Fitr on April 10

Budi mengungkapkan, saat ini, Bandara Soetta hanya berhubungan dengan 31-35 kota. Masih kalah, jika dibandingkan Singapura dan Kuala Lumpur (KL), Malaysia, yang masing-masing menghubungkan 70 sampai 100 kota.

"Bayangkan negara yang relatif kecil seperti Singapura memiliki konektivitas dengan negara lainnya banyak sekali," tuturnya.

Demi Tugas Negara, Atlet Sepakbola dan Bulutangkis Indonesia Rela Lebaran di Negeri Orang

Selain itu, menurut Budi, dengan hadirnya bandara transit juga dapat meningkatkan jumlah turis yang akan berkunjung ke Indonesia.

"Dan kita tahu, apabila ada konektivitas penerbangan, directly akan membangun, meningkatkan seperti turis. Turis itu langsung, kalau ada penerbangan 100, masak sih enggak nyangkut 20," tuturnya. (asp)

Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno-Hatta

Penerbangan ke Kuala Lumpur Awali Operasional Terminal 3

Dapat menopang pertumbuhan pariwisata.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2017