Elnino Pukul Industri Sawit, Masa Panen Berkurang

Pekerja menurunkan tandan buah segar kelapa sawit dari perahu
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Fenomena elnino di sepanjang 2015, yang menyebabkan kekeringan dan kemarau panjang, ternyata ikut memukul industri sawit.

Sawit Sumbermas Sarana Bagikan Dividen Rp168,27 Miliar

Direktur Utama PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, Rimbun Situmorang mengatakan, salah satu akibatnya, yaitu penurunan produksi dari tanaman sawit.

"Dampak elnino kemarin, menghambat pertumbuhan buah untuk tanaman sawit," ujar Rimbun di Kantor Pusat PT Sawit Sumbermas Sarana, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Selasa 10 Mei 2016.

Minyak Sawit RI Primadona di Rusia

Menurutnya, penurunan produksi itu baru akan berdampak pada tahun depan, atau dua tahun mendatang. Sebab, masa panen dari buah yang terdampak ada di akhir tahun 2017 atau pun awal 2018.

"Usia tanaman yang kurang dari 10 tahun kurang lebih menurun 15, atau 20 persen. Sementara, kalau (tanaman) di atas 10 tahun bisa di angka 30 persen (penurunan)," tambahnya.

Ini Cara Sawit Sumbermas Sarana Lindungi Hewan Endemik

Untuk mengantisipasi kerugian dari penurunan produksi itu, perseroan memiliki strategi dengan cara penghematan dan pengendalian operasional perusahaan.

"Bagaimana membuat segala sesuatunya efisien, under control kita hanya biaya, kalau alam itu kuasa Tuhan," kata dia. (asp)

Ilustrasi petugas BMKG

Juli-September, BMKG Ingatkan Dua Fenomena Penting Ini

Sepanjang Juli-September ada La Nina dan Dipole Mode Negatif.

img_title
VIVA.co.id
3 Juni 2016