Online Shop Anda Sulit Maju, Ini Penyebabnya

Online shop.
Sumber :
  • Halomoney.

VIVA.co.id – Semakin berkembangnya teknologi menyebabkan munculnya tren belanja online yang digandrungi masyarakat. Banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momentum dengan memasarkan produknya secara online. 

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Media yang digunakan juga beragam, dari membuat website sendiri, menggunakan perantara situs online marketplace, atau bahkan murni menggunakan media sosial. Nah, jika kamu adalah pelaku usaha online dan merasa omset penjualan kamu sulit untuk naik, maka bisa jadi penyebabnya ada di antara salah satu dari lima berikut:

1. Tidak ingin keluar modal

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Banyak orang beralih menjalani bisnis online karena modalnya yang jauh lebih ringan dibandingkan bisnis konvensional (membuka toko, menggunakan gerobak, dan sebagainya). Hal itu ada benarnya, namun kamu perlu ingat bahwa bisnis online sekalipun tetap saja tidak bisa berjalan maju jika kamu tidak berani menggelontorkan modal. 

Contohnya, kamu perlu modal untuk menyewa admin yang mengurusi situs online kamu kalau situs kamu sudah besar, atau gunakan paid advertising agar promosi kamu di media sosial lebih gencar.

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Baca juga: 6 Langkah Sederhana Dalam Membuat Budget Bulanan yang Mudah

2. Bisnis kamu tidak jelas arahnya

Bisnis online tetaplah bisnis. Sesederhana apapun bentuk bisnis online kamu, rencana bisnis tetap perlu dibuat meski tentu tidak perlu sedetil dan seformal business plan perusahaan. 

Intinya, kamu perlu punya visi ke depan akan jadi apa bisnis online apa milikmu, dan strategi umum untuk mencapainya. Dengan begini, jalannya bisnis kamu akan lebih terarah.

3. Tidak berani mengambil risiko

Salah satu penyebab suatu bisnis sulit melangkah maju adalah terlalu konservatif, atau sama sekali tidak berani mengambil risiko. Sebagai seorang pemilik usaha, risiko kegagalan bukanlah nol dan kamu justru bisa belajar dari pengalaman jika memang menemui kegagalan. 

Justru, bisnis kamu akan berkembang lebih cepat dengan semakin banyaknya pengalaman kamu. Kalau kamu sedikit-sedikit takut mengambil keputusan dan risiko, ya wajar saja kalau perkembangan bisnis online kamu juga segitu-segitu aja.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Sendiri? Ikuti Tips Persiapannya!

4. Harga barang yang kamu jual tidak sebanding dengan kualitas

Terkadang, penyebab paling sepele justru berasal dari produk milikmu sendiri. Apakah kamu sudah melakukan riset kecil-kecilan mengenai harga pasaran produk sejenis di kompetitor? Jangan-jangan, banyak orang yang menganggap bahwa harga produk milikmu terlalu mahal untuk kualitas barang atau jasa yang kamu, dan itu tentu membuat banyak pengunjung agak tidak untuk membeli dari kamu.

5. Kurang jeli memanfaatkan peluang media sosial

Media sosial merupakan kunci utama untuk membuat bisnis milikmu menjadi ‘viral’ atau mudah dikenali oleh banyak orang. Saat ini, ada banyak sekali media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak target bisnis kamu. 

Perhatikan perkembangan media sosial yang sedang tren di masyarakat atau target pasar kamu, dan coba manfaatkan peluang tersebut dengan berpromosi d i sana.

Baca juga: 4 Strategi Pengelolaan Keuangan Pribadi untuk Menjamin Kekayaan Finansial!

Nah, kalau kamu sudah paham mengenai penyebab ‘mandek’-nya bisnis online kamu, mulailah berusaha bebenah diri agar bisnis kamu bisa semakin maju. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis sendiri, entah online atau konvensional, mulailah berhemat dan kumpulkan tabungan untuk merintisnya.

Alternatifnya, kamu bisa coba memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) untuk memulainya. Gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

(ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya