Lion Air Buka Rute Langsung Manado-Tiongkok

Pesawat Lion Air.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey sukses melobi pemilik Lion  Air, Rusdi Kirana, untuk membuka rute penerbangan ke Negeri Tirai Bambu (Tiongkok).

Curi Ikan di Perairan Talaud Sulut, 2 Kapal Filipina Ditahan

Rencananya ada tujuh kota di Tiongkok yang akan melayani rute ke Manado. Yaitu, Shanghai, Shenzhen, Guangzhou, Makau, Wuhan, Chengdu, dan Chongqing. “Rencana mulai 3 Juli penerbangan langsung dari Manado ke tujuh kota di Tiongkok tersebut," kata Olly di Manado, Sulawesi Utara, Senin 16 Mei 2016.

Olly menyebutkan, pemda telah mempromosikan wisata Sulut di hadapan 20 wartawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Manado, pekan pekan lalu. 

PLN Pasok Listrik ke Tambang Emas, Listrik di Sulut Byar Pet

“Banyak destinasi dan objek wisata unggulan di daerah kita seperti Taman Laut Bunaken, Danau Linow, Pulau Lihaga, Pantai Pal, Pantai Pulisan, keberadaan Tarsius di Tangkoko Bitung, dan lain-lain. Belum lagi wisata budaya dan kuliner khas Sulut. Makanya, pemerintah akan meningkatkan kualitas infrastruktur seperti jalan, dermaga dan fasilitas-fasilitas di tempat wisata akan terus dibenahi,” kata dia.

Tak lupa juga, kata dia, kesiapan sumber daya manusia (SDM), seperti tour guide hingga tenaga-tenaga pendukung, termasuk chef, hingga pelayanan terhadap turis Tiongkok akan disiapkan. “Paling penting adalah keramahtamahan masyarakat menyambut turis yang datang ke Sulut,” ujarnya. 

Sulut Paling Rawan Jadi Jalur Eksodus Abu Sayyaf dan Santoso

Sementara itu, Direktur Lion Air Tiongkok, William Wu mengatakan, penerbangan dari Manado ke tujuh kota di Tiongkok ini akan dimulai 3 Juli nanti. “Sebanyak 10 sampai 12 flight dalam sepekan dengan target selama sebulan 80 flight. Ini adalah jadwal flight Lion Air," kata William didampingi Representasi Lion Air Tiongkok, Chandra Bong.

Lion Air punya target kunjungan turis Tiongkok ke Sulut sebanyak-banyaknya setiap tahun. “Setiap tahun sekitar 150 juta turis Tiongkok melakukan perjalanan wisata. Dibukanya penerbangan ini kami menargetkan 150 ribu hingga 180 ribu turis Tiongkok yang datang ke Sulut," tutur William.

Rute dari dari tujuh kota Tiongkok ke Manado ini, hanya khusus dilakukan ke ibu kota Sulut itu, karena pariwisata di Manado, khususnya wisata bahari menjadi daya tarik utama bagi turis-turis Tiongkok.

Lion Air pun telah mempersiapkan banyak pesawat terbaru untuk malayani rute Manado-Tiongkok. "Kami sangat siap untuk melayani rute ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya