Cara Jadi Kaya dalam 12 Bulan

Ilustrasi orang kaya dan sukses
Sumber :
  • inmagine

VIVA.co.id – Meski kita bukan Midas yang dapat mengubah semua benda menjadi emas hanya dengan sekali sentuh, selalu ada cara untuk menjadi kaya dalam waktu singkat. Hanya dengan trik simpel, kemauan baja dan disiplin penuh, keuangan pribadi akan meningkat berlipat-lipat dalam setahun ke depan. Mau tahu caranya, simak artikel berikut hingga tuntas:

5 Rahasia Kaya Raya dari Para Miliarder Dunia

1.Kurangi pengeluaran bulanan

Ini adalah matematika sederhana.  Semakin kecil pengeluaran semakin banyak uang yang bisa disimpan. Hilangkan atau kurangi pengeluaran bulanan yang paling mungkin disingkirkan. Tapi, jangan sampai standar hidup melorot, akibat pengurangan tersebut.

Enam Hal yang Perlu Dilakukan Agar Kaya Raya di 2018

Cari pengeluaran yang tidak membuat hidup tak nyaman bila dihilangkan. Untuk mencarinya mudah kok. Caranya, cobalah jujur dengan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak membutuhkan 300 chanel TV kabel. Mungkin hanya membutuhkan siaran-siaran tertentu seperti olahraga atau justru tayangan berita. Maka cobalah kurangi bujet pengeluaran tv kabel Anda.

2.Cari tabungan yang murah

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Setelah berhasil mengurangi pengeluaran sehingga memperoleh uang lebih untuk disimpan, coba cari tabungan yang menguntungkan. Maksudnya, tabungan yang murah dari sisi biaya. Dengan begitu, uang yang disimpan tidak menguap untuk biaya Administrasi tabungan. Agar rencana menabung berjalan lancar, coba gunakan layanan autodebet untuk menabung. Layanan ini akan membantu lebih disiplin untuk menyimpan uang.

3.Selalu gunakan uang tunai

Saat ini keberadaan kartu kredit dan kartu debit sangat memudahkan orang untuk bertransaksi. Namun, meski kedua kartu plastik tersebut sangat membantu orang, hanya transaksi secara tunailah yang  membuat orang tetap kaya. Alasannya, bila Anda belanja menggunakan kartu, kenderungan konsumtif lebih tinggi lantaran tidak ada pertukaran secara fisik.

Sebuah studi yang dilakukan Dun & Bradstreet, seperti dikutip dari  Wise Bread, mengungkapkan orang belanja lebih banyak 12 persen-18 persen bila menggunakan kartu kredit. Mulai sekarang, cobalah untuk selalu menarik uang tunai sesuai kebutuhan saat berencana bepergian.

4.Jual semua barang yang tak perlu

Bila mengumpulkan semua benda yang jarang digunakan dalam setahun, Anda akan kaget melihat betapa banyaknya barang yang terakumulasi. Bila berencana untuk menjadi kaya tahun depan, cobalah untuk tidak mengumpulkan sampah-sampah tersebut.

Jual semua benda yang menumpuk itu secara online atau diobral dalam garage sell. Jika tidak percaya bahwa barang tersebut berharga, coba saja ambil salah satunya dan jual secara online

5.Tingkatkan alokasi uang untuk tabungan pensiun

Sebuah hasil survei dari Employee Benefit Research Institute Amerika mengungkap bahwa uang yang diinvestasikan di usia 20 punya kesempatan untuk tumbuh lebih besar. Artinya, Anda tidak perlu khawatir kekurangan saat tua nanti. Untuk meningkatkan porsi tabungan pensiun, cobalah lakukan secara bertahap. Misalnya, coba naikkan besaran tabungan satu persen hingga dua persen tiap bulannya. Lanjutkan tingkatkan pada bulan selanjutnya. 

Baca juga: Lima Strategi Jitu agar Rutin Menabung

6.Jangan berlibur dulu setahun ini

Tidak ada yang salah dengan menjauh dari semua rutinitas dan pergi liburan. Tapi, jika ingin punya uang dalam jumlah banyak tahun depan, cobalah untuk tidak berlibur tahun ini. Alihkan dana tersebut untuk tabungan.

Percayalah, pengorbanan yang Anda lakukan dalam setahun akan sangat terlihat hasilnya. Coba hitung pengeluaran untuk hotel dan tiket pesawat pulang pergi. Jumlah yang lumayan bukan bila ditambah dalam tabungan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya