Empat Cara Dapat Uang Tanpa Harus Bisnis

Ilustrasi
Sumber :

VIVA.co.id – Sudahkah kamu mulai menabung dan merasa kalau penghasilan kamu sehari-hari tidak cukup untuk menabung? Tabungan merupakan salah satu aset terpenting untuk mencapai suatu tujuan finansial. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Jika uang Anda tidak cukup, ada dua cara yang dapat kamu lakukan. Cara pertama adalah menghemat beberapa pengeluaranmu. Kedua tentunya adalah dengan menambah penghasilan. 

Kamu bisa meningkatkan penghasilanmu dengan meminta kenaikan gaji, atau mulai merintis usaha sampingan. Tapi, apa hanya itu saja cara untuk menambah penghasilanmu?

Layanan Gaji Ini Bisa Bikin Karyawan Lupakan Istilah Tanggal Tua

Nah, coba ikuti empat cara mudah mendapatkan uang tambahan berikut:

1. Cobalah menjadi guru privat

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Apakah kamu punya keponakan atau saudara yang masih duduk di bangku sekolah dasar? Nah, kamu bisa menawarkan diri kepada keluarganya untuk menjadi guru les privat. Kamu bisa mengajarkan pelajaran-pelajaran sederhana seperti Matematika dan Bahasa Inggris. 

Atau, kalau kamu punya prestasi bagus saat kuliah, kamu bisa coba-coba menjadi guru les bagi mahasiswa. Prestasi bagusmu bisa menjadi nilai jual tambah bagi mereka.

Baca juga: 4 Strategi Jitu Agar Uang Kamu Tidak Habis Saat Pensiun!

2. Adakan arisan

Arisan merupakan salah satu cara tercepat untuk menambah tabungan kamu. Hanya saja, kamu perlu memastikan untuk mengikuti kelompok arisan yang dapat dipercaya. 

Misalnya, kamu bisa mengumpulkan teman-teman sekantor untuk mengadakan arisan bersama. Atau, kamu juga bisa mengadakan arisan dengan saudara-saudara satu keluarga besar.

Baca juga: 5 Fakta Unik Seputar Uang yang Belum Tentu Pernah Kamu 

3. Iseng menjadi pekerja paruh waktu

Pekerja paruh waktu atau belakangan populer disebut freelancer merupakan cara lain untuk mengumpulkan uang tambahan dengan cara cepat, asalkan kamu punya suatu kemampuan yang dapat dijual. 

Beberapa keahlian yang umum dicari dari seorang freelancer adalah keahlian menulis, desain, pemprograman, dan pemasaran digital serta media sosial. Jika kamu merasa yakin, cobalah asah kemampuan kamu dan mulailah menjadi freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Jual koleksi atau barang-barang yang tidak terpakai

Apakah kamu punya barang koleksi? Sebagai contoh, koleksi komik atau koleksi album musik lama dapat dijual dengan harga tinggi kepada kolektor. Selain itu, kamu juga bisa saja menjual barang yang tidak terpakai seperti baju bekas yang masih layak pakai. 

Cara ini bisa menghasilkan uang dengan cukup cepat, apalagi jika kamu punya banyak kenalan sehingga bisa mempermudah kamu untuk menemukan pembeli potensial.

Baca juga: 5 Serba-Serbi Personal Budgeting yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

Selain cara di atas, cara tercepat yang dapat dilakukan untuk menambah tabungan adalah menghemat pengeluaranmu. Gunakan kartu kredit sebagai salah satu alternatif untuk berhemat dengan memanfaatkan promo seperti diskon dan cashback

Untuk mencari kartu kredit yang sesuai kebutuhanmu, manfaatkan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk melakukannya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya