Trik Jitu Menabung Mudah dan Wujudkan Mimpi Jangka Panjang

Ilustrasi mengelola keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Semakin dewasa, pikiran kita tak lagi berorientasi pada kebutuhan jangka pendek, namun juga kebutuhan hidup jangka panjang. Tidak jarang, anak muda yang sudah bekerja memiliki mimpi untuk mendapatkan masa depan yang mapan. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Mereka juga mulai melakukan berbagai hal untuk mempersiapkan dan mewujudkan mimpinya. Ada yang bermimpi mencapai kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun. 

Ada yang ingin memiliki investasi dalam bentuk tanah dan rumah untuk dijadikan usaha pada 10 hingga 20 tahun mendatang. Ada yang mulai mengusahakan bisnis dari sekarang sebagai pekerjaan yang akan ditekuni, ketika sudah tidak mengabdi pada perusahaan, dan lain-lain.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Salah satu persiapan yang banyak dilakukan oleh pekerja muda dalam mempersiapkan masa depannya, adalah dengan menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan secara rutin, alias menabung. Tanpa menabung, Anda tidak bisa mewujudkan mimpi, sebab Anda hanya berorientasi untuk memenuhi kebutuhan sekarang dan jangka pendek.

Tak sedikit pula orang yang gagal dalam menyimpan dan mengelola dana tabungan mereka untuk melunasi berbagai utang dan membayar berbagai keperluan.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Sebenarnya, semua tinggal tergantung pada niat dan usaha Anda untuk menahan godaan “merusak” tabungan. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam menabung, agar lebih sukses untuk mewujudkan impian, Anda akan memerlukan ulasan singkat dari empat tips cerdas dalam menabung berikut ini.

1. Ada tujuan

Anda akan lebih mudah dalam menabung, ketika sudah memiliki tujuan (setidaknya dalam jangka pendek) yang menjadi landasan dan motivasi Anda menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan. Tidak ada salahnya, Anda membagi beberapa keinginan agar memiliki tabungan sendiri-sendiri.

Misalkan untuk keperluan jangka pendek dan dana darurat yang harus ada di rumah secara tunai. Anda bisa menyimpannya dalam toples. Untuk keperluan jangka panjang, lebih baik manfaatkan rekening tabungan di bank, atau malah langsung menggunakan deposito, guna mengurangi keinginan untuk tarik tunai.

Baca Juga: Perbedaan Membeli KPR Rumah Baru dan Rumah Bekas

2. Langsung sisihkan gaji untuk ditabung

Biasakan untuk selalu menyisihkan uang tabungan pada awal, setelah Anda menerima gaji. Buatlah persentase yang bisa Anda tepati untuk memisahkan uang yang harus Anda simpan, dan yang bisa Anda belanjakan.

Selain itu, biasakan untuk menabung ketika ada sisa uang yang Anda dapatkan dari belanja, yang mungkin terjadi, karena Anda mendapatkan diskon, atau voucher belanja. Perlu diingat, meskipun menetapkan gaya hidup sehat dan konsumsi yang hemat, bukan berarti Anda harus mengurangi gizi makanan yang Anda konsumsi. Tips menabung sisa uang belanja harus dijadikan alternatif, bukan prioritas.

Baca Juga: Berbagai Jenis Pinjaman di Pegadaian dan Syarat Pengajuannya

Selanjutnya, pisahkan rekening menabung...

3. Pisahkan rekening menabung dan belanja

Akan lebih baik, Anda memisahkan rekening yang akan digunakan untuk menabung, dan rekening yang Anda gunakan sebagai penyimpan uang belanja. Ini, demi menjaga uang tabungan Anda tidak selalu berkurang dan menjadi sedikit tanpa alasan jelas.

Jika Anda merasa terlalu berat untuk memiliki lebih dari satu akun rekening di bank, Anda juga bisa menyimpannya di rumah dengan memasukkan uang tabungan tersebut ke dalam celengan. Karena, hal ini akan meminimalisir Anda untuk sedikit demi sedikit mengambil uang tabungan.

4. Buat komitmen

Milikilah komitmen untuk menabung dengan nominal tertentu. Cara ini mungkin menjadi yang paling mudah untuk Anda lakukan pertama kali, daripada harus langsung menetapkan dari menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan.

Misalkan Anda sepakat untuk menabung dengan menggunakan pecahan Rp10 ribu dan Rp20 ribu. Maka, tepatilah aturan yang sudah Anda buat tersebut.

Sebagai tambahan, usahakan untuk menabung dengan menggunakan pecahan yang kecil seperti koin Rp500 atau Rp1.000. Nominalnya yang kecil cenderung membuat kita tidak terasa dalam mengumpulkannya, sehingga hal ini tidak akan membebani Anda.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Mengenai Mobil Murah di Indonesia

Ciptakan masa depan yang cerah

Tidak ada yang mustahil dalam dunia ini, termasuk ketika Anda memiliki kebiasaan baik untuk menabung. Memang, bagian awal selalu menjadi yang paling sulit, sebab Anda harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang baru. 

Apalagi, kebiasaan baru yang baik selalu menjadi hal yang menyiksa banyak orang ketika memulainya. Tetapi, jika Anda tidak mulai dari sekarang, Anda akan kesulitan untuk mengumpulkan niat dan motivasi ketika memulai kebiasaan ini nantinya. 

Ketika itu, Anda sudah semakin tua dan berpikir tidak ada lagi impian dan prioritas yang harus diperjuangkan. Jadi, ketika Anda bisa melakukannya mulai dari sekarang, mengapa harus menunggu hingga esok hari?

Baca Juga: Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Banget Menabung
 

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya