Jangan Lakukan Ini Saat Jual Rumah Lewat ‘Online’

Perlu aturan jelas beli rumah langsung dari dana repatriasi
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id – Kemudahan menyebarkan informasi melalui internet, dimanfaatkan sebagian orang untuk menjual rumah secara online

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Tak hanya rumah, berbagai properti lainnya pun bisa diiklankan lewat internet, seperti ruko, tanah, apartemen, dan sebagainya.

Keuntungan menjual rumah lewat dunia maya adalah dapat menghemat biaya promosi yang biasanya akan membengkak, jika melakukannya lewat media cetak, atau elektronik.
 
Meski begitu, memasarkan properti secara online bukan tanpa kendala, ketatnya persaingan saat ini menjadikan rumah yang dijual lama terjual, atau bahkan tidak laku. Mengapa?

Menerawang Efektivitas Perpanjangan Insentif PPN DTP Sektor Perumahan

Kesalahan pada foto

Kesalahan yang umum dilakukan penjual rumah di dunia maya adalah melampirkan foto seadanya. 
Foto yang ditampilkan buram dan berkualitas rendah. Foto seperti ini, akan menyulitkan calon pembeli untuk melihat kondisi rumah yang sebenarnya dan menjadi tidak tertarik untuk membelinya.

Dijual hingga Rp15 Miliaran, 486 Unit di Cluster Ini Laku dalam 2 Hari

Selain itu, jumlah foto yang ditampilkan sedikit, biasanya hanya satu hingga tiga foto paling banyak. Padahal, jumlah foto berpengaruh pada minat pembeli, semakin banyak jumlah foto yang menunjukkan kondisi spesifik rumah, maka akan semakin tinggi peluang untuk menarik perhatian pembeli.

Tidak ada informasi tambahan

Informasi tambahan yang bisa dimasukkan ketika menjual rumah di dunia maya, ialah mengenai kelebihan-kelebihan rumah dan daya tariknya. 

Misalnya, menjelaskan kondisi rumah sekitar, fasilitas, atau bonus yang bisa didapat, ketika membeli rumah tersebut. Bila perlu, jelaskan kondisi bangunan, sistem pembayaran, dan sebagainya.

Kesalahan penulisan spesifikasi rumah

Listing online, biasanya menyediakan kolom untuk menuliskan spesifikasi rumah yang hendak dijual. Spesifikasi tersebut, sebaiknya diisi dengan lengkap dan akurat. Hal ini, agar calon pembeli seperti apa gambaran rumah tersebut. 

Selain itu, manfaatkan kolom penjelasan detail rumah dengan bahasa yang baik. Seringkali, penjual menggunakan bahasa yang asal, sehingga tidak menarik untuk dibaca. 

Penulisan yang baik mengenai rumah pada saat mendeskripsikan, akan menjadi nilai tambah bagi listingan rumah yang Anda jual.

Artikel ini bersumber Rumahku.com (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya