Data Kementan Soal Bawang Merah Dipertanyakan

bawang merah.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mempertanyakan klaim Kementerian Pertanian (Kementan) yang menyatakan bahwa produksi bawang merah saat ini mengalami surplus. 

Kemendag Buat Syarat Baru untuk Hindari Kebocoran Gula

Darmin mengatakan, sampai saat ini, instansinya belum mengetahui secara pasti, apakah data tersebut benar adanya. Sebab, harga bawang merah saat ini belum menunjukkan adanya penurunan yang signifikan. 

"Tanya Kementerian Pertanian. Kami tidak melihat ada supply seperti yang dikatakan," kata Darmin, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa 24 Mei 2016. 

Pemerintah Terapkan Kebijakan 5:1 untuk Impor Sapi

Berdasarkan data Kementan, total produksi bawang merah saat ini mencapai 241.600 ribu ton, atau jauh lebih dibandingkan kebutuhan normal yang berada di kisaran 176.600 ribu ton. 

Dengan komposisi angka tersebut, maka tentunya harga bawang merah, terutama di tingkat pedagang pun sudah bisa ditekan, karena banjirnya pasokan. Namun, hal itu nyatanya tidak terkompensasi 

Kemendag: Tahun Depan Gula Rafinasi Harus Rp12 Ribu

Terlepas dari hal itu, mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut mengaku bahwa harga bawang merah saat ini sudah berangsur turun, meskipun tidak terlalu signifikan. (asp)

Ilustrasi industri logistik

Alasan Banyak Barang Impor yang Tertahan di Pelabuhan

Kementerian Perdagangan minta importir tertib dengan aturan.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2016