Realisasi Mei, Satu Juta Rumah Baru Terbangun 89 Ribu Unit

Kompleks perumahan.
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA.co.id – Realisasi program satu juta rumah pada tahun ini, tampaknya masih menjadi tantangan yang cukup berat bagi pemerintah. Bagaimana tidak, hingga kini, pembangunannya belum mencapai 10 persen dari target.

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

Direktur Jenderal Penyediaan Syarif Burhanuddin mengakui, dari target satu juta rumah hingga saat ini baru mencapai 89 ribu unit. 

"Realisasi per bulan Mei ini sekitar 89 ribu (unit), kurang lebihnya segitu," kata Syarif di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa 24 Mei 2016. 

Sosok Sendi Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Bakal Maju Pilkada Kota Bogor 2024

Ia mengungkapkan bahwa dalam membangun perumahan di suatu daerah, pemerintah tentu akan melihat permintaan dari konsumen. Sebab, jika pembangunan rumah dilakukan tanpa memperhatikan demand (permintaan), akan menimbulkan penggelembungan sektor properti.

"Kendalanya daya beli masyarakat, kelihatannya seperti itulah, kondisinya belum normal ini, masih sama dengan 2015," kata dia. 

Menhub Budi Harap Bandara Singkawang Bakal Dukung Konektivitas di Kalbar

Ia menambahkan, PT Bank Tabungan Negara Tbk, sebagai salah satu pihak yang berkontribusi besar dalam program ini, sekitar 40 ribu unit rumah dari awal tahun hingga Maret 2016, sudah terealisasi. Namun, jika dibandingkan tahun sebelumnya realisasi tersebut cukup rendah.

"Dari Maret, BTN itu kan hanya 40 ribuan kemarin. Jadi, sekarang ini BTN pun juga masih rendah, sekarang ini (totalnya) baru 89 ribulah dengan pemda (pemerintah daerah) ya," kata dia. (asp)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Sekjen Gerindra Blak-blakan Akui Prabowo Sudah Mulai Bicara Menteri

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra mengaku belum mengetahui siapa saja yang akan masuk ke dalam struktur menteri di kabinet Prabowo-Gibran karena itu kewenangan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024