Penguatan Dolar AS Berkurang, Rupiah Diprediksi Naik

Ilustrasi uang rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Pada transaksi perdagangan hari ini, Rabu 25 Mei 2016, nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, diperkirakan bergerak ke teritori positif, dengan memanfaatkan momen pelemahan dolar AS yang terbatas.

Rusia-Ukraina Tak Temui Kesepakatan, Rupiah Melemah Lagi Hari Ini

"Apalagi, jika laju dolar AS masih terlihat melemah terhadap yen, sehingga rupiah dapat kembali memanfaatkan momen tersebut untuk bergerak positif," kata Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada di Jakarta.

Reza menjelaskan, laju rupiah cenderung bergerak mendatar, di mana pelemahan terlihat mulai terbatas. Mulai berkurangnya penguatan dolar AS milik Paman Sam, seiring meningkatnya nilai tukar yen cukup berimbas pada laju rupiah.

Ukraina Tak Lagi Ngotot Masuk NATO, Rupiah Hari Ini Menguat

Di sisi lain, kata Reza, terbatasnya pelemahan laju rupiah, seiring dengan respons pelaku pasar terhadap rilis dari Bank Indonesia, terkait aliran dana asing yang sepanjang kuartal pertama tahun ini mengalami kenaikan hingga US$5 miliar, atau di atas estimasi BI.

Kemudian, paparnya, ditambah rencana pemerintah yang akan memantau implementasi paket kebijakan ekonomi dengan membentuk satuan tugas, serta rilis Fitch Rating yang mengafirmasi Indonesia di level investment grade.

Rusia Umumkan Hari Tenang, Rupiah Kembali Menguat

"Sebelumnya, kami sampaikan laju rupiah kembali diuji batas pelemahannya. Meski masih dalam tren melemah, namun terlihat sudah mulai terbatas yang diharapkan dapat diimbangi dengan adanya pembalikan arah menguat, dengan memanfaatkan penguatan yen tersebut," ujarnya.

Reza memperkirakan hari ini rupiah bergerak di kisaran target batas bawah di level Rp13.615 per dolar AS dan target batas atas di level Rp13.605 per dolar AS. (asp)

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Awal Pekan, Rupiah Dibuka Melemah Rp14.309 per Dolar AS

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah hari ini masih akan tertekan terhadap dolar AS.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022