Pertamina Didorong Terbitkan Obligasi Korporasi

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengungkapkan bahwa PT Pertamina akan menjadi perusahaan pelat merah pertama yang akan menerbitkan obligasi korporasi. Pembiayaan tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk surat utang yang ditargetkan meluncur tahun ini.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

"Yang saya lihat, kemungkinan Pertamina," kata Rini saat ditemui di kantor Bank Indonesia Jakarta, Rabu 25 Mei 2016.

Namun, sebelum menerbitkan surat utang tersebut Rini menegaskan, akan terlebih dahulu menyelesaikan peleburan PT Perusahaan Gas Negara ke dalam tubuh PT Pertamina. Sampai saat ini, penggabungan dua BUMN minyak dan gas tersebut masih digodok.

Pemilu Lancar Digelar, Intip Prospek Investasi Reksa Dana dan Deposito

"Kami di BUMN sekarang sedang melihat bagaimana BUMN yang lain bisa mempunyai struktur pembiayaan selain dari perbankan," katanya.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut pun memberikan sinyal bahwa tidak hanya PT Pertamina yang akan menerbitkan surat utang. BUMN di sektor pertambangan direncanakan juga akan menerbitkan obligasi korporasi yang sama.

BRI Kembali Terbitkan Green Bond, Wujud Komitmen Pembiayaan Berkelanjutan

"Kayaknya tambang," tegas dia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

Garuda Indonesia Raup Laba US$251,9 Juta pada 2023

Pada 2023, Garuda Indonesia Group berhasil mencatatkan kinerja operasional, melalui pertumbuhan jumlah angkutan penumpang hingga 34 persen mencapai 19.970.024 penumpang.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024