Mudik Lebih Hemat Pakai Mobil, Kenapa?

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Libur Lebaran sudah dekat. Biasanya, menjelang perayaan Lebaran tingkat pembelian mobil baik secara tunai maupun kredit akan meningkat. 

Katanya Begini Rahasia Orang Kaya Kelola Uang

Salah satu alasannya, adalah rencana penggunaan mobil untuk mudik. Meski sudah tersedia banyak alternatif transportasi mudik, menggunakan kendaraan pribadi masih jadi pilihan banyak orang. 

Sebab, menggunakan kendaraan pribadi jauh lebih hemat dibandingkan naik pesawat, kereta atau menggunakan bus. Tidak percaya menggunakan mobil pribadi saat mudik bisa menghemat banyak uang? Berikut ini alasannya:

Instrumen Investasi Syariah yang Aman Bagi Muslim

Bisa hemat biaya transportasi

Jika Anda lajang, mudik menggunakan pesawat atau kereta api memang murah. Tapi, bagi mereka yang sudah berkeluarga biayanya bisa jauh lebih mahal. 

Kegiatan Ekonomi yang Ternyata Dilarang dalam Islam

Misalnya, keluarga A ingin mudik ke Yogyakarta. Bila dalam keluarga A memiliki dua orang anak, maka minimal tiket pulang pergi yang disiapkan mencapai delapan tiket. 

Bila menggunakan kereta api dengan biaya rata-rata tiket Jakarta-Yogyakarta dan Yogyakarta-Jakarta mencapai Rp300 ribu, maka keluarga A harus menyiapkan dana sekitar Rp2,4 juta. 

Sedangkan bila menggunakan pesawat dengan tiket mencapai Rp700 ribu, maka biaya transport yang harus disiapkan mencapai Rp5,6 juta. 

Sementara itu, dengan menggunakan mobil pribadi, biaya bensin dan tol pulang pergi Jakarta-Yogyakarta hanya mencapai Rp1 juta. 

Selain itu, di tempat tujuan keluarga A bisa menghemat biaya transportasi karena tidak perlu lagi menyewa kendaraan untuk berpergian.  (Baca juga: Cegah 7 Penyakit Ini Sekarang Sebelum Usiamu Setengah Abad)

Hemat biaya bagasi

Keuntungan lain mudik dengan mobil pribadi adalah menghemat biaya bagasi. Maklum, saat mudik Anda tentu akan berada di kampung halaman dalam jangka waktu yang lumayan lama. 

Untuk itu, barang yang dibawa biasanya cukup banyak. Belum lagi bila Anda berencana membawa oleh-oleh untuk keluarga. 

Coba bayangkan berapa uang tambahan kelebihan bagasi yang harus dikeluarkan bila Anda berencana mudik menggunakan pesawat atau kereta api.

Anda bisa singgah di banyak kota

Tentunya, saat bepergian jauh menggunakan mobil pribadi wajib hukumnya untuk singgah di kota-kota penting. Kapan lagi kalau bukan sekarang. 

Anda bisa menghemat banyak biaya liburan dengan memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan sepanjang perjalanan menuju kampung halaman. 

Bila menggunakan pesawat atau kereta api, tentunya kegiatan seperti ini tidak bisa dilakukan. Nah, bila Anda berencana untuk jalan-jalan cobalah untuk mencari tahu lokasi wisat di setiap daerah yang Anda lewati mulai dari sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya