Mau Sukses Bisnis Jasa Rental Mobil? Ikuti Cara Ini

Ilustrasi usaha rental mobil
Sumber :
  • duitpintar.com

VIVA.co.id – Saat ini, salah satu bisnis atau usaha di bidang jasa yang memiliki pasar dan prospek baik adalah jasa penyewaan mobil.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Rental mobil merupakan jasa yang berfokus untuk menyewakan jenis mobil pribadi atau kendaraan mobil lainnya untuk digunakan oleh orang lain yang membutuhkan. Permintaan penyewaan mobil juga semakin meningkat dan berpotensi.

Kebanyakan jasa rental mobil menyasar ke para pengguna yang ingin menggunakan mobil untuk keperluan tertentu dan sifatnya sementara, hitungan jam atau harian. Contoh yang paling umum adalah rental mobil digunakan sebagai kendaraan mudik atau pulang kampung. Bisa juga untuk jalan-jalan dengan keluarga agar lebih nyaman dan lebih santai di perjalanan.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Buat Anda yang ingin memilih bisnis ini, berikut kami sajikan tips suksesnya. Tips-tips berikut kami rangkum dari berbagai pengalaman dan informasi di lapangan. 

1.    Cari lokasi strategis dan mudah dijangkau

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih tempat dan lokasi usaha yang baik dan strategis. Hal ini sangat penting karena tempat dan lokasi yang strategis bisa membuat para konsumen dengan mudah menemukan dan juga menjadi pelanggan kita.

Baca Juga: Mengenal Lembaga Penjamin Simpanan, Apa Tugas dan Fungsinya?

2.    Riset pasar, pahami selera dan keinginan konsumen

Kita juga harus mengetahui apa yang menjadi keinginan dan selera konsumen saat ini. Misal, kita menyediakan mobil dengan kapasitas yang besar dan juga menyediakan tempat untuk menaruh barang bawaan di atas mobil.

3.    Pilih mobil dengan biaya operasional kecil

Memilih dan menggunakan mobil dengan biaya operasional yang kecil tentunya dapat menghemat pengeluaran. Pilih mobil yang tidak memerlukan perawatan mahal dan ekstra, namun tetap menyajikan kenyamanan saat dikendarai dan tidak terlalu sering turun mesin.

Selain itu, suku cadang yang relatif lebih murah dengan kualitas seimbang juga menjadi pertimbangan penting agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan.

4.    Asuransikan mobil

Anda bisa memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi untuk mengamankan dan melindungi mobil dari berbagai risiko yang terjadi seperti kehilangan, kecelakaan ataupun kejadian lainnya. Anda bisa memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki.

Baca Juga: Kenali dan Waspadai Kedok Investasi Bodong Ini

5.    Manajemen administrasi yang baik

Diperlukan manajemen administrasi yang baik dan jelas mengenai data baik untuk mobil ataupun untuk para penyewa. Pastikan kalau data diri penyewa asli dan bisa dipertanggungjawabkan, serta bisa dilacak sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

6.    Bekerja sama dengan bengkel rekanan

Buat kerja sama dengan bengkel dan penyedia onderdil mobil untuk memperbaiki dan merawat kendaraan yang Anda miliki. Atau bisa juga meminta keringanan ataupun pengurangan harga. Akan lebih baik lagi jika membuka usaha bengkel sendiri, sehingga tidak perlu repot-repot lagi mengurus masalah kerusakan dan perawatan mobil di tempat lain.

7.    Lakukan promosi yang baik

Manfaatkan segala media promosi yang bisa anda lakukan seperti selebaran, brosur, iklan baris di koran, ataupun melalui sosial media. Anda juga bisa memberikan beberapa potongan harga atau diskon untuk menarik pelanggan terutama jika masih dalam masa-masa awal usaha rental mobil dan kendaraan lainnya.

Dengan adanya potongan harga atau hal lain seperti promosi gratis sopir, akan membuat nama usaha menjadi lebih cepat dikenal dan akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan tetap di kemudian hari.

Baca Juga: Tabungan: Perkembangan dan Tujuan Utama Melakukannya

8.    Pilih sopir yang kompeten

Mencari sopir yang kompeten dan baik dalam artian tidak ugal-ugalan dapat memberikan ketenangan bagi Anda. Sebab, sopir yang baik pastinya lebih bertanggung jawab dan lebih berhati-hati di jalan.

Utamakan pelayanan pada konsumen

Ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan dalam berbisnis rental mobil yaitu, memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik agar nantinya mereka terus menggunakan jasa kita dan merekomendasikannya kepada orang lain seperti saudara, tetangga ataupun kerabat.

Besarnya potensi bisnis rental mobil membuat banyak orang mulai meliriknya, terutama menjelang libur panjang. Jika Anda serius dan ingin menggeluti usaha yang satu ini, persiapkanlah mulai dari sekarang dan bekerja keras hingga mencapai tujuan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya