Wisata ke Tomohon, Ini Rata-rata Biaya yang Dihabiskan Turis

belibis batu
Sumber :
  • Antara/ Fiqman Sunandar

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Tomohon siap mendukung program sejuta turis mancanegara yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Sehingga penerimaan negara dari sektor pariwisata juga bisa meningkat.

Danau Linow, Panorama Alam yang Pancarkan 3 Warna

Optimisme tersebut ditandai dengan peluncuran Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Minggu 29 Mei 2016.

"Tomohon akan memberi kontribusi sebesar 10 persen dari target tersebut," kata Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, Senin 30 Mei 2016.

Pesona Linow, Danau Tiga Warna di Sulawesi Utara

Dari angka sejuta, kata Jimmy, diprediksi sekitar 100 ribu turis mancanegara akan menyambangi Kota Tomohon. Kota di timur Indonesia itu diyakini mampu mencapai target tersebut. 

"TIFF merupakan satu ajang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di Sulut. Tahun lalu kunjungan turis mancanegara mencapai hampir 15 ribu orang, sementara turis domestik mencapai 147.900 orang. Bisa saja tahun ini sampai 20 ribu turis mancanegara, kemudian naik 200 ribu turis domestik," ujar Jimmy.

Kota Tomohon Kembali Dihiasi Bunga Agustus Tahun Ini

Multiplayer efeknya pun dikatakan sangat besar dari kunjungan turis. Untuk seorang turis mancanegara, rata-rata menghabiskan US$1.000 per dolar AS untuk kunjungan wisata. Sementara untuk wisatawan Nusantara rata-rata mengelontorkan dana Rp880 ribu. 

"Masyarakat diharapkan mendukung upaya pemerintah. Banyak industri kreatif seperti kerajinan dan kuliner merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan masyarakat," tambahnya.

Sebagai informasi, Kota Tomohon, adalah kota yang dijuliki Kota Bunga di Sulawesi Utara karena dianugerahi pesona alam nan indah. Selain pemandangan bunga-bunga disetiap sudut, kota sejuk dengan luas sekitar 11.420 hektare ini diapit dua gunung aktif ini yakni Lokon (1.689 Mdpl) dan Mahawu (1.311 Mdpl) dan memiliki sejumlah destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Sedikitnya ada lima destinasi wisata yang bisa dikunjungi diantaranya Danau Linow, Bukit Doa Masarang, Gunung Mahawu, Puncak Temboan dan terakhir Pasar ekstrim Tomohon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya