Lebaran, Jateng Pasok Daging Sapi Tiga Kali Lipat

Ilustrasi sapi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menghadapi bulan Ramadan dan Lebaran 2016, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menambah pasokan daging sapi hingga tiga kali lipat dari hari-hari biasanya. Pemerintah setempat optimis stok daging di daerah kini masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, Agus Wariyanto mengatakan, penambahan pasokan hingga tiga kali lipat tersebut berdasarkan prediksi peningkatan kebutuhan masyarakat saat lebaran nanti.

"Pada Juli 2016, kita tingkatkan (pasokan daging sapi) menjadi tiga kali lipat karena kebutuhannya diprediksi naik tiga kali lipat," kata Agus usai rapat koordinasi ekonomi keuangan dan industri daerah, dalam rangka kesiapan Provinsi Jawa Tengah menghadapi Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2016/1437 hijriah, di Gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, Senin, 30 Mei 2016.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Sementara pada bulan Juni 2016, atau saat Ramadan, pihaknya menambah pasokan sebesar 35 persen dari pasokan rata-rata tiap bulan. Jika hari-hari biasa pasokan daging sapi sebanyak 3.100 ton, maka pada bulan Ramadan nanti pasokan daging menjadi 4.500 ton.

Terkait kekhawatiran lonjakan harga, Agus memprediksi Jateng tidak akan terjadi lonjakan harga daging sapi yang signifikan. Hal itu disebabkan pasokan yang ada di Provinsi Jateng saat ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap daging sapi selama Bulan Ramadan dan Lebaran 2016.
    
"Pasokan daging sapi aman karena Provinsi Jateng sudah swasembada daging ternak sapi," jelasnya.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Optimisme itu ditunjukkan dengan tercukupinya basis daging sapi dari peternak lokal di sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Apalagi data tiap tahun,  suplai kebutuhan daging sapi mencapai sebesar 70 ribu ekor sapi ke sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Harga pangan terpantau masih mengalami kenaikan pada hari ini, Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024