Pertamina Mau Gandeng Iran untuk Pasok Gas Elpiji

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – PT Pertamina kini tengah gencar menjalin kerja sama dengan pihak luar negeri. Setelah menjajaki kerja sama dengan Rusia untuk membangun kilang Tuban, kali ini Pertamina akan menjalin kerja sama dengan Iran dalam suplai gas elpiji, dan peluang kerja sama di industri hulu migas.

Pertamina Optimistis RI Swasembada BBM di 2023

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengungkapkan bahwa kerja sama untuk suplai elpiji dengan Iran adalah rencana yang visioner dan strategis. Sebab, harga elpiji dan minyak mentah di Iran dinilai cukup bersaing dengan negara lainnya.

"Kan memang suplai elpiji di sana (Iran) harganya relatif murah. Kemudian juga minyak mentah dan sebagainya bisa menjadi kompetitor untuk yang lain. Memang kita bahas itu dan kita akan lanjutkan Iran," kata Dwi di kantor Kementerian BUMN, Senin 30 Mei 2016.

DPR Desak Pertamina Segera Tindak SPBU Curang

Tak hanya itu, Dwi juga mengungkap, bahwa pihaknya akan menyampaikan minatnya untuk bekerjasama dengan Iran dalam pengembangan industri hulu migas di Iran. Menurut Dwi, peluang tersebut cukup baik untuk dipertimbangkan, bahkan pihaknya telah menyampaikan minat tersebut.

"Kita juga sampaikan keminatan itu. Kita sekarang masih ikut-ikut tender. Treatment-nya ya tender biasa, Saya rasa dengan Iran, kesempatannya cukup bagus," jelas Dwi.

DPR: Pertamina Sedot Subsidi Solar Rp49,5 Miliar per Hari

(ren)

SPBU.

SPBU Pertamina Rempoa Dijokikan Pihak Tertentu?

SPBU Rempoa diketahui melakukan kecurangan takaran minyak.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2016